Mengenal Alat Penyemprot Disinfektan Mini, Berbasis Motor Tiga Roda

Kompas.com - 05/04/2020, 11:01 WIB
motor penyemprot disinfektan delima jayamotor penyemprot disinfektan

BOGOR, KOMPAS.com – Upaya penekanan penyebaran virus corona atau Covid-19 bisa dilakukan dengan penyemprotan disinfektan pada tempat-tempat umum.

Disinfektan diyakini bisa membersihkan droplet yang ada di tempat umum dan bisa menularkan ke orang lain.

Salah satu cara penyemprotan disinfektan di tempat umum yaitu menggunakan kendaraan khusus. Seperti yang dilakukan kepolisian dengan menggunakan mobil water cannon untuk menyemprotkan disinfektan ke jalanan.

Namun, jika jalan yang dilalui sempit, tentunya kendaraan tersebut tidak bisa masuk. Salah satu cara agar bisa masuk ke jalan yang sempit yaitu dengan menggunakan kendaraan yang lebih kecil, misalnya motor roda tiga.

Baca juga: Alasan Kaca Pengemudi Bus Masih Pakai Model Geser

motor penyemprot disinfektandelima jaya motor penyemprot disinfektan

Winston Wiyanta, Managing Director Karoseri Delima Jaya di Bogor, pembuat berbagai kendaraan khusus, seperti motor roda tiga penyemprot disinfektan.

“Basisnya pakai motor roda tiga yang ada baknya. Pada bagian bak ditempatkan tandon air untuk menyimpan cairan disinfektan, pompa air, dan dua nozzle spray pada setiap sisi dari bak,” ucap Werry kepada Kompas.com, Sabtu (4/4/2020).

Baca juga: Awal 2020, Xpander Cross Sundul Daihatsu Terios

Kapasitas cairan yang bisa ditampung pada tandonnya yaitu 500 liter. Pengoperasian kendaraan ini juga mudah, bisa dilakukan oleh satu orang. Pertama bisa menyalakan dulu pompa airnya lalu dikemudikan motornya pelan-pelan.

Kendaraan ini cocok untuk digunakan pada jalan-jalan yang sempit. Sehingga penyemprotan disinfktan bisa dilakukan ke tempat yang tidak bisa dimasuki kendaraan besar dan penyebaran virus semoga bisa berkurang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.