Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pebalap Tersukses Honda Sepanjang Masa

Kompas.com - 05/04/2020, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai tim pabrikan paling sukses di ajang balap MotoGP, Honda memiliki banyak pebalap superstar atau nama-nama besar selama beberapa dekade.

Masuk dalan skuad tim pabrikan Honda bukan hal mudah. Mereka yang pernah mengisi tim pabrikan terbukti sukses di kancah balap, dan banyak yang berhasil meraih gelar juara dunia.

Baca juga: Imbas Corona, Penjualan Mobil Honda Turun 11 Persen

Meski pebalap yang masuk skuad pabrikan dipastikan pebalap terbaik, tapi angka tidak pernah bohong. Untuk itu, berikut lima pebalap Honda terbaik sepanjang masa, berdasarkan gelar juara.

Marc Marquez perpanjang kontrak dengan Honda hingga akhir 2024. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Marc Marquez perpanjang kontrak dengan Honda hingga akhir 2024. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

1. Marc Marquez

Nama besar Marquez merupakan jaminan Repsol Honda bisa tak terkalahkan beberapa musim ini. Tahun lalu Marquez mendominasi hampir seluruh balapan, dan menjadi juara dunia dengan sisa seri masih banyak.

Rekor Marquez sulit ditandingi. Dia bergabung bersama Respol Honda pada 2013, dan semenjak itu berhasil meraih 6 gelar juara dunia MotoGP, dengan total kemenangan 56 seri dan 127 kali balapan.

Tidak diragukan bahwa rekornya bakal terus melesat. Honda dan Marquez adalah ramuan ajaib. Apalagi dia baru saja memperpanjang kontrak dengan tim selama empat tahun.

Mick Doohan KOMPAS.com/Gilang Mick Doohan

2. Mick Doohan

Pebalap era 90'an yang sangat berjaya di masanya. Doohan merupakan legenda hidup MotoGP era 500cc. Raihannya bersama Honda yaitu lima kali juara dunia, 54 kemenangan dan 137 balapan.

Doohan bergabung dengan Honda pada 1989. Pada 1991 dia berhasil menjadi runner up di belakang Wayne Rainey, sang bintang Yamaha.

Pada 1992 dia mengalami kecelakaan di Assen, Belanda yang hampir membuatnya pensiun. Pada 1993 Doohan belum tampil maksimal karena masih pemulihan cedera.

Doohan baru tampil perkasa pada 1994 dengan meraih juara dunia pertamanya. Hingga akhirnya menang berturut-turut selama lima kali hingga 1998, dengan probailitas menang 62 persen tiap balapan.

Valentino Rossi Valentino Rossi

3. Valentino Rossi

Era Rossi dan Repsol Honda ialah masa romantisme, meskipun kini Rossi identik dengan Yamaha. Di awal karirnya di kelas premier, Rossi sangat dominan bersama Honda. Tampil perkasa dan tidak bisa dikejar oleh lawan.

Selama tempat musim bersama Honda yakni pada 2000-2003, Rossi berhasil menyapu tiga juara dunia (2001-2003) sebelum akhirnya dia pindah ke Yamaha pada 2004.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com