Kenali Sistem Penggerak pada Truk dan Bus

Kompas.com - 04/04/2020, 11:42 WIB
bus akap Kompas.com/Fathan Radityasanibus akap

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai orang yang awam, biasanya pada spesifikasi bus atau truk, tertulis 6x2, 6x4, atau 8x4. Biasanya, pada mobil jenis jip ada tulisan 4x4 sebagai identitas sistem penggerak empat roda pada kendaraan, yakni four wheel drive atau 4WD.

Penggerak 6x2 biasanya digunakan oleh sasis bus premium seperti Scania, Mercedes, dan Volvo yang menggunaka tiga as roda. Sedangkan, pada truk-truk besar di bagian depan kepala truknya ada stiker yang bertuliskan 6x4 yang menandakan sistem penggeraknya.

Lalu apa arti sebenarnya dari angka-angka tersebut?

Baca juga: 3 Vespa yang Sulit Dicari dan Harganya Tembus Ratusan Juta Rupiah

penggerak roda truk dan buswikimedia penggerak roda truk dan bus

Prasetyo Adi, Deputy GM Product Division PT Hino Motors Sales Indonesia, mengatakan, kedua angka tersebut memiliki arti tersendiri. Angka yang di depan memiliki arti jumlah titik/sumbu roda. Sedangkan yang bagian belakang berarti titik atau sumbu roda yang bergerak

“Misalnya 6X4, berarti kendaraan tersebut memiliki enam titik/sumbu roda dengan empat titik/sumbu roda yang bergerak. Empat sumbu roda yang bergerak yaitu ada pada bagian belakang, sedangkan dua lagi as roda yang ada di depan,” kata Prasetyo kepada Kompas.com, Jumat (3/4/2020).

Baca juga: Mazda CX-9 dan CX-3 Terbaru Meluncur Diam-diam

Hal ini berarti jika sasis bus bertuliskan 6X2, hanya dua sumbu roda pada bagian belakang bus yang menggerakkan kendaraan tersebut. Jadi sering ada salah baca kalau angka enam merupakan jumlah roda dan angka dibelakangnya merupakan jumlah as roda yang bergerak.

Kalau truk dengan penggerak 8X4, kendaraan tersebut memiliki delapan as roda, empat di sisi kanan dan kirinya. Namun roda yang bergerak hanya pada empat as roda yang ada di belakang. Empat as roda yang di depan berfungsi untuk berbelok.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X