Cegah Bercak di Bodi Mobil Usai Kena Semprot Disinfektan

Kompas.com - 04/04/2020, 08:42 WIB
Kendaraan taktis dari Polda Jabar diturunkan menyemprot disinfektan di area publik saat saat Penyemprotan Serentak 27 Kabupaten/Kota dalam kampanye Dari Jawa Barat untuk Indonesia Lawan Korona, Selasa (31/3/20) DOK. Humas Pemprov Jawa BaratKendaraan taktis dari Polda Jabar diturunkan menyemprot disinfektan di area publik saat saat Penyemprotan Serentak 27 Kabupaten/Kota dalam kampanye Dari Jawa Barat untuk Indonesia Lawan Korona, Selasa (31/3/20)

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, sejumlah kawasan mulai melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Meski baik untuk mematikan virus dan bakteri, cairan ini sebetulnya tidak ramah bagi mobil.

Apalagi jika bekas cairan disinfektan dibiarkan bertahan cukup lama di bodi mobil. Efek paling buruk bisa merusak lapisan cat dan membuat warna jadi kusam.

Robby Kurnia CEO Autoglaze Indonesia, mengatakan, dampak awal cairan disinfektan bagi cat mobil adalah timbulnya bercak.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Eks Taksi, Mulai Rp 60 Jutaan Bisa Dapat Sedan

Ilustrasi bercak air pada bodi mobilGridOto.com Ilustrasi bercak air pada bodi mobil

Namun jika lama dibiarkan dapat membuat bercak, kerak, atau water spot yang lebih sulit dibersihkan.

Oleh karena itu, ia menganjurkan untuk mencuci mobil setelah terkena penyemprotan disinfektan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Atau paling minimal dikeringkan dengan lap, jangan sampai cairan disinfektan mengering sendiri dan dibiarkan dalam waktu lama,” ujar Robby, kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Ternyata Tren Keliling Jakarta, Di Mobil Aja Ada Positifnya

Ilustrasi cuci mobil warna putihImage wisegeek.com Ilustrasi cuci mobil warna putih

Bagi sebagian orang, cara ini memang dianggap merepotkan. Namun efek disinfektan bagi cat mobil tidak bisa dianggap remeh, sebab dapat merusak lapisan cat.

“Kecuali sudah memakai coating tambahan, itu sedikit banyak membantu. Karena mobil yang sudah di-coating punya efek daun talas, sehingga jika ada cairan tidak mudah menempel di bodi,” kata Robby.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.