Plus Minus Ban Radial dan Bias yang Dipakai Bus

Kompas.com - 02/04/2020, 19:41 WIB
ban bus radial tribunnews.comban bus radial

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban merupakan penopang berat dari kendaraan, apalagi untuk bus. Peran ban sangat penting karena langsung berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan ketika berjalan.

Pada umumnya ban bus terbagi menjadi dua, yaitu radial dan bias. Secara konstruksi perbedaannya yaitu benang baja pada ban radial alurnya searah, sedangkan bias menyilang. Lalu model ban seperti apa yang lebih baik digunakan pada bus?

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk., mengatakan, untuk saat ini ban model radial lebih umum untuk digunakan pada bus karena memiliki beberapa keuntungan.

Baca juga: Ini Hal yang Harus Dihindari saat Mencuci Mobil Sendiri

ban bus biasalibaba ban bus bias

“Umunya ekarang pakai ban Truck Bus Radial (TBR). Keunggulannya seperti umur pakai yang lebih awet, bisa dua kali lipat bahkan lebih. Sisi kenyamanan sudah pasti didapat, daya pengereman, grip saat basah dan kering juga lebih baik dari ban bias,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Selain itu, ban model radial juga lebih ekonomis dan hemat bahan bakar. Walaupun harganya lebih mahal dari yang bias, jika dihitung Cost Per Kilometer (CPK), tetap lebih ekonomis ban model radial.

Baca juga: Bukan Gratis Setahun, Ini Bentuk Relaksasi Kredit dari FIF Group

Walaupun terkesan ban radial lebih unggul dibanding bias, bukan berarti tidak memiliki keunggulan. Ban bias lebih kuat dari pada radial saat melewati jalan rusak ataupun berlubang.

“Ban bias lebih kuat terhadap benturan benda keras, batu, atau lubang di jalanan,” kata Zulpata. Jadi ban bias lebih cocok untuk melewati jalan yang kurang baik kondisinya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X