Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2020, 19:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban merupakan penopang berat dari kendaraan, apalagi untuk bus. Peran ban sangat penting karena langsung berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan ketika berjalan.

Pada umumnya ban bus terbagi menjadi dua, yaitu radial dan bias. Secara konstruksi perbedaannya yaitu benang baja pada ban radial alurnya searah, sedangkan bias menyilang. Lalu model ban seperti apa yang lebih baik digunakan pada bus?

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk., mengatakan, untuk saat ini ban model radial lebih umum untuk digunakan pada bus karena memiliki beberapa keuntungan.

Baca juga: Ini Hal yang Harus Dihindari saat Mencuci Mobil Sendiri

ban bus biasalibaba ban bus bias

“Umunya ekarang pakai ban Truck Bus Radial (TBR). Keunggulannya seperti umur pakai yang lebih awet, bisa dua kali lipat bahkan lebih. Sisi kenyamanan sudah pasti didapat, daya pengereman, grip saat basah dan kering juga lebih baik dari ban bias,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Selain itu, ban model radial juga lebih ekonomis dan hemat bahan bakar. Walaupun harganya lebih mahal dari yang bias, jika dihitung Cost Per Kilometer (CPK), tetap lebih ekonomis ban model radial.

Baca juga: Bukan Gratis Setahun, Ini Bentuk Relaksasi Kredit dari FIF Group

Walaupun terkesan ban radial lebih unggul dibanding bias, bukan berarti tidak memiliki keunggulan. Ban bias lebih kuat dari pada radial saat melewati jalan rusak ataupun berlubang.

“Ban bias lebih kuat terhadap benturan benda keras, batu, atau lubang di jalanan,” kata Zulpata. Jadi ban bias lebih cocok untuk melewati jalan yang kurang baik kondisinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com