Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keringanan Kredit Diutamakan buat yang Rajin Bayar Cicilan

Kompas.com - 01/04/2020, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah bakal memberikan kelonggaran cicilan kredit kendaraan bermotor selama satu tahun bagi masyarakat yang terdampak wabah virus corona atau Covid-19.

“Saya sudah cek ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Mereka sudah menyiapkan skemanya, dan kita akan efektifkan mulai bulan April 2020,” ujar Presiden RI Joko Widodo, di Istana Bogor, Selasa (31/3/2020).

Sebagai salah satu lembaga pembiayaan, PT Toyota Astra Financial Services (TAF) mengatakan, bakal mendukung rencana pemerintah terkait program relaksasi kredit.

Baca juga: Sabun Bayi Ampuh Tangkal Virus Corona pada Kabin Mobil

Pengunjung mengamati mobil bekas yang dipamerkan pada ajang Bazaar Mobil Bekas di JX International Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/8/2017). Bazar yang diikuti puluhan showroom mobil bekas di Surabaya dan Sidoarjo tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya beli dan memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/kye/17 *** Local Caption ***  ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Pengunjung mengamati mobil bekas yang dipamerkan pada ajang Bazaar Mobil Bekas di JX International Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/8/2017). Bazar yang diikuti puluhan showroom mobil bekas di Surabaya dan Sidoarjo tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya beli dan memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/kye/17 *** Local Caption ***

“Pada masa sulit seperti sekarang, yang jelas kami akan bantu customer yang terkena dampak virus corona, sesuai dengan arahan pemerintah dan OJK,” ujar Agus Prayitno, Presiden Direktur TAF, kepada Kompas.com (31/3/2020).

Meski begitu, Agus mengatakan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi debitur untuk mendapatkan program relaksasi kredit tersebut.

Menurut dia, tak semua debitur bisa menikmati program yang dicanangkan pemerintah dan OJK tersebut.

Baca juga: Harga Toyota Starlet Bisa Tembus Ratusan Juta Rupiah

Ilustrasi kredit mobilistimewa Ilustrasi kredit mobil

Debitur yang berhak mendapatkan hak istimewa untuk melakukan restrukturisasi kreditnya hanya debitur yang selalu melunasi cicilan tepat waktu.

“Kami bantu customer yang terkena dampak corona, tapi tergantung kondisi customer-nya. Kalau dia customer yang baik, dalam pengertian selama ini tepat waktu bayar cicilan, pasti kami bantu,” ucap Agus.

“Kalau tidak, tentu kami akan pertimbangkan, karena prosesnya kurang lebih seperti saat awal kami setujui kreditnya. Kami analisis dulu latar belakangnya, dan kami prioritaskan yang punya keterbatasan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com