Lakukan Ini Usai Fogging Interior Mobil buat Tangkal Virus

Kompas.com - 30/03/2020, 19:21 WIB
Proses fogging di dalam kabin mobil Vertue ConceptProses fogging di dalam kabin mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan pengasapan atau fogging pada bagian interior mobil merupakan salah satu cara alternatif untuk mencegah penyebaran virus corona alias covid-19.

Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum maupun setelah kendaraan melakukan pengasapan.

Mulai dari jangan sampai terkena barang-barang pribadi, pastikan mobil dalam keadaan mati, sampai jauhkan dari jangkauan anak-anak.

"Khususnya ketika mobil baru selesai dilakukan fogging, diamkan dulu selama beberapa waktu. Jangan langsung masuk mobil ketika baru saja selesai. Hindari kontak langsung dengan mata, kulit, dan makanan," kata Service Department Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Anjar Kisworo, Senin (30/3/2020).

Baca juga: Ada Bahaya Cairan Disinfektan pada Kendaraan Bermotor

treatment car foggingKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda treatment car fogging

Adapun bagian yang patut menjadi perhatian untuk dibersihkan, ialah setir kemudi, dasbor, handle pintu, tuas transmisi, dan lain sebagainya.

"Jelasnya bagian yang sering disentuh baik itu pengendara, penumpang, atau orang lain seperti mekanik, petugas SPBU, petugas carwash, dan lain-lain," ujar dia.

Untuk diketahui, bengkel resmi Astra Isuzu memiliki program Treatment Antibacterial Fogging untuk membantu pemilik membasmi bakteri dan virus di kabin mobil.

Pengerjaan memerlukan waktu 15-25 menit dengan harga mulai Rp 130.000. Namun pembersihan ini bukan berarti pengguna seratus persen terhindar dari ancaman penularan virus corona, jadi tetaplah waspada.

"Sebenarnya, belum ada referensi khusus tentang pembersihan mobil supaya terhindar dari virus corona. Jadi sebaiknya memang lebih baik mengurangi pergi ke luar rumah dan selalu menjaga kebersihan setelah berpergian," lanjut Anjar.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X