Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Oli Gardan Skutik di Rumah, Begini Caranya

Kompas.com - 25/03/2020, 17:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah meluasnya wabah virus corona, masyarakat diminta untuk tetap di rumah dan tidak pergi kemana-mana. Untuk menghilangkan rasa bosan, bisa lakukan perawatan pada motor di rumah.

Kebanyakan motor yang beredar di Indonesia saat ini yaitu skuter matik (skutik). Ternyata perawatan skutik ini ada perbedaan dengan motor bebek atau sport.

Ada perawatan tambahan yaitu dengan mengganti oli gardan atau transmisi secara rutin.

Selagi di rumah, mengganti oli gardan juga bisa dikerjakan sendiri. Gofur, kepala mekanik Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, tinggal siapkan kunci ring ukuran 12 atau T 12 untuk membuka baut pembuangan.

Baca juga: Harga Resmi SUV Baru MG ZS Mulai Rp 250 Jutaan

Oli gardan yang sudah terkontaminasi air, warna berubah menjadi seperti kopi susu.KompasOtomotif-donny apriliananda Oli gardan yang sudah terkontaminasi air, warna berubah menjadi seperti kopi susu.

“Selain kunci ring 12 atau T 12, siapkan loyang penampung oli bekas, lalu buka baut pembuangan oli gardan. Setelah habis, pasang lagi baut pembuangannya. Kemudian masukkan oli gardan yang baru lewat lubang masuk yang letaknya lebih tinggi dari pembuangan. Setelah terisi, langsung ditutup bautnya,” ucap Gofur kepada Kompas.com, Rabu (25/3/2020).

Penggantian oli gardan tidak perlu disemprot dengan angin bertekanan. Oleh karena itu, mengganti oli gardan mudah dilakukan di rumah.

Selain itu membuang oli gardan yang lama memang tidak disarankan untuk menggunakan angin bertekanan.

Baca juga: Jokowi Beri Kelonggaran Cicilan untuk Ojek dan Sopir Taksi Online

“Angin kompresor mengandung air, jadi tidak disarankan untuk digunakan saat membersihkan transmisi. Dikhawatirkan nanti olinya terkontaminasi dengan air,” kata Gofur.

Untuk limbah oli bekasnya, Gofur menyarankan untuk dititipkan ke bengkel terdekat. Jangan asal membuang limbah oli dan mencemari lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com