Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Jamur, Jangan Parkir Mobil Sembarangan.

Kompas.com - 25/03/2020, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Imbas dari virus corona atau Covid-19 yang semakin merak di Indonesia, membuat masyarakat mendapat imbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah selama kurang lebih 14 hari.

Kondisi ini otomatis akan membuat kendaraan kesayangan kalian jarang digunakan dan hanya menganggur di parkiran.

Beberapa orang mungkin berpikir mobil akan awet dan tak akan rusak jika tidak dipakai, padahal, kenyataannya salah besar. Mendiamkan kendaraan untuk waktu yang cukup lama baik di dalam garasi atau di bawah cuaca terik bisa menimbulkan potensi kerusakan pada eksterior hingga interior mobil.

Baca juga: Bodi Mobil Ada Baret Tipis, Hilangkan dengan Pasta Gigi

Presiden Direktur XTO Car Care, Christopher Sebastian, mengatakan, usahakan untuk tidak memarkir mobil terlalu lama di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di bawah pohon jika sedang musim hujan.

Penampakan serangga saat lantai dasar terbuk setelah karpet dibuka.Billy Indarta Penampakan serangga saat lantai dasar terbuk setelah karpet dibuka.

“Dampaknya pasti akan membuat interior menjadi rusak karena akan banyak debu dan jamur. Tidak hanya itu, bahkan lumut juga bisa tumbuh, sehingga interior akan lapuk dan rusak atau berkarat,” ujar Christopher kepada Kompas.com, Selasa (24/03/2020).

Baca juga: Honda Sudah Berlakukan WFH dan Home Service

Tidak hanya itu, eksterior mobil pun akan menjadi kusam jika parkir di bawah matahari untuk waktu yang cukup lama.

Sebaiknya, parkir mobil di garasi rumah yang ada atapnya agar paparan sinar matahari tidak menyentuh tubuh mobil secara langsung. Selain itu, pemilik juga bisa menggunakan penutup atau cover khusus pada mobil.

Christopher menyarankan, pemilik mobi sebaiknya rutin melakukan perawatan sederhana seperti mencuci mobil seminggu sekali atau melakukan poles dan memberikan wax ke bodi mobil agar lebih mengkilap.

“Sebaiknya bagian mobil baik dari interior maupun eksterior selalu dijaga kebersihannya, karena jika mobil sudah berjamur atau bahkan tumbuh lumut, satu-satunya cara menghilangkannya adalah membawanya ke salon mobil yang terpercaya. Karena cara pembersihan yang salah akan mengakibatkan kerusakan yang lebih besar pada interior mobi,” ujar Christopher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com