Bodi Mobil Ada Baret Tipis, Hilangkan dengan Pasta Gigi

Kompas.com - 24/03/2020, 18:22 WIB
Baret Pada Bumper Kendaraan Roda Empat yang tidak menggunakan stiker untuk menutupinya. KOMPAS.com/FauzanBaret Pada Bumper Kendaraan Roda Empat yang tidak menggunakan stiker untuk menutupinya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merekbaknya virus corona atau Covid-19 membuat pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah selama kurang lebih 14 hari.

Kalaupun harus melakukan aktivitas di luar rumah, sebaiknya hanya untuk hal yang memang benar-benar penting.

Selama berada di rumah, tentunya banyak masyarakat yang merasa jenuh dan mencari berbagai aktivitas bermanfaat untuk dilakukan. Salah satunya adalah melakukan perawatan kendaraan pribadi.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Jangan Menggunakan Helm Massal

Selain mencuci mobil secara rutin, menghilangkan goresan pada cat mobil juga bisa menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di rumah.

Salah satu cara yang bisa lakukan untuk menghilangkan atau menyamarkan goresan pada mobil dengan aman adalah menggunakan pasta gigi. Cara ini paling umum digunakan oleh para konsumen otomotif karena dinilai terbilang mudah.

Mobil pribadi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tergores di bagian samping, Senin (26/8/2013). Lecet itu diakibatkan warga yang berkerumun di mobilnya saat Jokowi blusukan.KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADO Mobil pribadi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tergores di bagian samping, Senin (26/8/2013). Lecet itu diakibatkan warga yang berkerumun di mobilnya saat Jokowi blusukan.

Baca juga: Kurangi Risiko Virus Corona, Strerilkan Kabin Mobil dengan Ozon

Presiden Direktur XTO Car Care, Christopher Sebastian, mengatakan menghilangkan baret atau goresan pada mobil memang aman untuk dilakukan, namun tidak boleh terlalu sering karena akan membuat cat mobil menjadi kusam.

Caranya, sebelum membasuh goresan dengan pasta gigi, pastikan untuk membersihkan permukaan yang terkena goresan dari kotoran atau debu yang menempel terlebih dahulu.

Kemudian baru tembahkan setetes pasta gigi ke kain basah, gosok dengan gerakan melingkar pada bagian mobil yang terkena goresan.

Lakukan hal tersebut secara berulang hingga goresan terlihat samar atau bahkan hilang.

Christopher melanjutkan, ada cara lain untuk menghilangan baret tipis yaitu dengan menggunakan kompon yang halus atau biasa disebut finish kompon.

Baca juga: Cerita Driver Ojol, Penumpang Duduknya Jauh sampai Tak Mau Pegang Helm

"Caranya, pastikan goresan tidak panjang dan masih tipis. Bersihkan dulu permukaan yang tekena goresan dan keringkan. Kemudian oleskan kompon dibagian yang tergores, gosok perlahan dengan bantalan alat poles, setelah selesai bilas dengan air bersih," ujar Christopher kepada Kompas.com, Selasa (24/03/2020).

Namun perlu dicatat, cara menghilangkan baret menggunakan pasta gigi atau kompon hanya bisa digunakan pada goresan yang lembut dan tidak terlalu dalam.

Jika goresan atau baret pada bodi mobil terlalu dalam, maka sebaiknya menyerahkan pekerjaan tersebut kepada ahlinya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X