Gigi Mundur Mobil Transmisi Manual, Tak Semua Sama

Kompas.com - 24/03/2020, 13:42 WIB
Transmisi manual yang ada di Sienta tipe G. Ghulam/KompasOtomotifTransmisi manual yang ada di Sienta tipe G.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada beberapa mobil pabrikan Eropa model transmisi gigi mundur ke arah depan memang sudah menjadi ciri khasnya.

Berbeda dengan konsumen otomotif yang selama ini menggunakan model MPV terutama produk jepang, posisi gigi mundur biasanya berada pada sisi kanan bawah, tepat pada posisi berlawanan gigi lima.

Namun, saat ini model transmisi gigi mundur tidak hanya ada pada mobil Eropa. Ada beberapa mobil jepang yang sudah memakai model cincin untuk memasukkan gigi mundurnya. Kira-kira mobil apa saja?

1. Toyota Sienta

Toyota Sienta.Istimewa Toyota Sienta.

Toyota Sienta yang dipasarkan di Indonesia punya pilihan transmisi manual dengan enam percepatan dan CVT (continous variable transmission) 7-speed sport sequential shiftmatic.

Umumnya, transmisi manual hanya memiliki lima percepatan dengan gigi mundur (R) ke pojok kanan bawah tepat di bawah gigi kelima.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Jangan Menggunakan Helm Massal

Berbeda dengan Sienta 6-speed, dengan pilihan kanan bawah menjadi gigi enam. Lalu bagaimana dengan gigi mundur? Caranya mudah, posisi transmisi R di pojok kiri atas, sebelah gigi kesatu.

Pada bagian tuas transmisi, terdapat ring atau menyerupai cincin berwarna senada. Setelah itu, tarik cincin ke atas.

Kemudian geser tuas ke arah kiri hingga mentok dan arahkan ke ujung atas. Jika sudah seperti itu, kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) 7 penumpang tersebut sudah bisa berjalan mundur.

2. Chevrolet Spin

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X