Ramai Virus Corona, Orang-orang Ini Dapat Dispensasi Perpanjangan SIM

Kompas.com - 23/03/2020, 07:12 WIB
Proses pengerjaan SIM keliling StanlyProses pengerjaan SIM keliling
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Demi mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Korps Lalu Lintas Polri memberikan dispensasi bagi para pemilik surat izin mengemudi ( SIM) yang habis masa berlakunya per 17 Maret sampai 31 Maret 2020.

Seperti diketahui pada periode tersebut merupakan masa tanggap darurat yang diberlakukan pemerintah, bahkan belakangan diperpanjang lagi sampai 5 April 2020.

Pemilik SIM yang masa berlakunya habis saat masa tanggap darurat, maka bisa melakukan perpanjangan setelah masa darurat selesai.

Baca juga: 3 Gejala Ini Jadi Tanda Radiator Mobil Mengalami Masalah

Para peserta uji praktek pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM),C mengikuti arahan petugas di Satpas SIM, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (4/8/2014).KOMPAS.com/Abba Gabrillin Para peserta uji praktek pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM),C mengikuti arahan petugas di Satpas SIM, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (4/8/2014).

Hal ini dibenarkan oleh Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara, saat dihubungi Kompas.com (22/3/2020).

“Betul untuk ODP (Orang Dalam Pemantauan), PDP (Pasien Dalam Pemantauan), dan suspect atau positif corona dapat dispensasi perpanjangan SIM,” ujar Hedwin.

Bagi orang-orang yang masuk kategori tersebut, menurut Hedwin akan mendapat dispensasi perpanjangan SIM. Namun dengan syarat dan ketentuan berlaku.

“Proses perpanjangan SIM, bukan proses permohonan SIM baru, setelah dinyatakan sehat dengan membawa surat keterangan dari rumah sakit dapat melakukan perpanjangan setelah masa karantina,” kata Hedwin.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X