Cegah Virus Corona dengan Rutin Bersihkan Jok Mobil

Kompas.com - 19/03/2020, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wabah virus corona yang semakin marak di Indonesia membuat hampir seluruh masyarakat khawatir.

Guna mencegah penyebaran virus banyak masyarakat yang melakukan aksi bersih-bersih, dimulai dari rumah hingga kendaraan kesayangan.

Menjaga kebersihan interior mobil adalah salah satu tindakan preventif menghadapi virus dan bakteri yang bersemayam di dalam kendaraan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan jok mobil.

Presiden Direktur XTO Car Care, Christopher Sebastian, memberikan tips bagaiaman cara memberisihkan jok dengan baik dan benar baik yang berbahan fabric maupun kulit.

Baca juga: Siapkan Agya Facelift, Toyota Masih Jadi Raja MPV

“Membersihkan jok sebaiknya dilakukan satu minggu sekali. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu atau kotoran yang ada di sela-sela jok yang sulit dibersihkan,” ujar Christopher ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (19/03/2020).

jok mobil fabricStanly/Otomania jok mobil fabric

Baca juga: Cegah Corona, Lorenzo Imbau Fans Tetap Diam di Rumah

Setelah itu, Christopher menyarankan sebaiknya jok dibersihkan dengan cairan khusus permbersih jok, agar jok terbebas dari kuman.

“Jangan menggunakan kain kasar ketika memberishkan jok, dan hindari jok dari sinar matahari langsung ketika memarkir mobil. Gunakan cairan pembersih jok, baik yang berbentuk foam atau yang berbentuk cairan, yang terpenting cairan tersebut mengandung zat pembunuh kuman,” kata Christopher.

Hal tersebut memang bersifat untuk perawatan saja, bukan benar-benar untuk membersihkan. Namun, dengan melakukan perawatan, kebersihan jok akan tetap terjaga. Selain itu material jok mobil juga bisa bertahan lebih lama.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihkan komponen mobil lainnya, seperti ruang kabin, karpet, setir dan dasbor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.