Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helm yang Tepat Dibawa Sendiri saat Naik Ojek Online

Kompas.com - 18/03/2020, 16:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mencegah penyebaran virus Corona, asosiasi ojek online sudah mengimbau kepada para konsumennya agar membawa helm sendiri. Meski sedikit merepotkan, namun tindakan ini lebih baik jika dilakukan.

Helm yang dipasarkan di Indonesia cukup beragam modelnya. Ada helm model half face, full face, modular, trail, retro, dan lainnya.

Baca juga: Naik Ojek Online Bawa Helm Sendiri. Ini Ragam Tas Khusus Helm

Ahmad M, anggota komunitas Belajar Helm, mengatakan, pada dasarnya, baik helm half face atau full face, dimensinya tidak jauh berbeda. Berbeda dengan helm sepeda yang dimensinya kecil.

Grab disebut tertarik pakai Honda PCX listrik untuk layanan ojek online.Foto: Grab/Instagram Grab disebut tertarik pakai Honda PCX listrik untuk layanan ojek online.

"Tapi, helm sepeda sangat tidak direkomendasikan untuk dipakai saat naik motor," ujar Ahmad, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Menurut analisa Technical Support KYT Helmet Tugimin, dari kebutuhan yang sekarang, demi keamanan kepala dan juga penyebaran virus Corona, sebaiknya menggunakan helm full face.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Asosiasi Ojol Minta Penumpang Bawa Helm Sendiri

"Secara dimensi memang besar, tapi demi keselamatan bersama. Bisa cari yang bobotnya cukup ringan," kata Tugimin.

Tugimin menambahkan, jika memang ingin pakai model half face, sebaiknya selalu menggunakan masker yang sesuai standar kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com