Berapa Patokan Budget Ketika Mau Restorasi Motor?

Kompas.com - 17/03/2020, 10:02 WIB
Yamaha 125z milik Henry yang ditawarkan dengan harga Rp 150 juta istimewaYamaha 125z milik Henry yang ditawarkan dengan harga Rp 150 juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren merestorasi sepeda motor lawas alias jadul lagi marak di antara pecinta kendaraan roda dua. Ada yang mau nostalgia, pun yang sekadar ingin memanfaatkan ceruk bisnis.

Tetapi, banyak juga kejadian ketika seseorang ingin merestorasi motor jadul, takut soal biaya. Padahal sebetulnya untuk biaya bisa disesuaikan pemilik, sebab bengkel biasanya hanya mematok jasa.

Putra Percasa, punggawa Jhon Clasik, bengkel restorasi khusus motor klasik Honda di Pondok Gede, Bekasi, mengatakan, biasanya bengkel tidak mematok harga khusus namun mengikuti kesanggupan konsumen.

Baca juga: Honda Supra Mulai Dilirik buat Bahan Modifikasi

Restorasi Honda Win Foto: Jhon Clasik Restorasi Honda Win

"Kalau untuk biaya saya tidak bisa patok ya, saya kembalikan lagi ke pemilik. Paling saya sebutkan jasanya saja. Kalau biaya total kita ikut pemilik," kata Putra kepada Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Putra menjabarkan, misalkan pemilik punya biaya Rp 10 juta maka bengkel akan mengikuti dari patokan tersebut. Rp 10 juta dikurangi jasa, kemudian sisanya untuk cat dan lainnya termasuk membeli komponen baru.

"Biasanya kita ikuti dari situ ( budget pemilik). Tapi kalau orangnya mau total full restoration, baru kita berani sebut harga, misalkan satu motor Rp 25 juta," katanya.

"Tapi orang kan biasanya mau restorasi tapi masih banyak yang mau dipakai lagi (barang lamanya). Nah itu yang kita tidak bisa tentukan, itu yang biasanya kita lihat nanti saja totalnya," kata Putra.

Motor klasik dipamerkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Motor klasik dipamerkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Baca juga: Ketika Honda Civic Tua Bergaya Maksimal

Rizki Arif dari Antik Motor Kediri, mengatakan, penting melihat kondisi motor yang akan direstorasi. Usahakan motor tidak dalam kondisi terlalu parah agar sebagian suku cadangnya masih bisa dipakai atau dibangun kembali.

"Untuk harga sebetulnya tidak bisa dikira-kira, karena harga suku cadang juga tidak ada patokannya (untuk moor yang sudah setop produksi lama). Tergantung juga dari tingkat kelangkaannya," jata Rizki.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X