Kenali Perbedaan antara Krom Celup dengan Semprot

Kompas.com - 17/03/2020, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tampilan komponen motor dengan aksen krom di beberapa bagian, biasanya bisa lebih menarik perhatian. Berdasarkan teknik pengerjaannya, krom pada komponen sepeda motor bisa dibuat dengan cara celup atau semprot.

Keduanya sama-sama merupakan teknik pelapisan logam.

Tujuannya juga sama, yakni untuk melindungi ligam dari korosi atau karat dan meningkatkan estetika alias mempercantik tampilan.

Baca juga: Tren Modifikasi Bergaya Motor Custom

Mohammad Salahudin Efendy, pemilik Gemilang Chrome Expert di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan, krom celup menggunakan sistem listrik dengan elektrolit kimia.

Motor custom Yamaha Byson dengan gaya chopper bobber garapan Wangsa Kencana Garage.Dok. Kustomfest Motor custom Yamaha Byson dengan gaya chopper bobber garapan Wangsa Kencana Garage.

"Komponen yang akan dikrom selanjutnya dicelupkan ke dalam cairan kimia yang sudah dihantarkan listrik tersebut," ujar pria yang akrab disapa Sholeh tersebut, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Sedangkan krom semprot, sesuai dengan namanya. Metodenya disemprot, seperti mengecat dengan kompresor.

Baca juga: Tren Motor Custom 2020, Gaya yang Bisa Dipakai Harian

Sholeh menambahkan, teknik krom celup atau plating chrome memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan krom semprot. Bukan hanya dari segi kualitas, tapi juga waktu pengerjaan.

"Kualitas plating chrome lebih bagus, selain itu pengerjaannya juga lebih cepat," kata Sholeh, yang juga biasa mengerjakan pelapisan krom untuk interior rumah, hotel, dan apartemen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.