Manfaatkan Waktu Luang di Rumah, Begini Cara Cuci Mobil yang Benar

Kompas.com - 16/03/2020, 11:01 WIB
Ilustrasi mencuci mobil Hakase_Ilustrasi mencuci mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kewajiban dari setiap pemilik kendaraan adalah merawat dan menjaga kebersihannya. Contoh perawatan mobil yang mudah dan disarankan adalah dengan mencuci mobil secara rutin.

Hal ini bisa dilakukan ketika ada waktu luang di rumah. Mengingat saat ini seluruh masyarakat diimbau untuk tidak melakukan kegiatan diluar rumah dan selalu menjaga kebersihan terkait dengan adanya virus corona atau Covid-19.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin mencuci mobil sendiri dirumah, tidak boleh dilakukan sembarangan karena jika salah bisa membuat bodi mobil ditumbuhi jamur.

Baca juga: Cegah Corona, Mulai Hari Ini Jakarta Bebas Ganjil Genap

Presiden Direktur TOPCOAT Indonesia, Christopher Sebastian, membagikan beberapa tips. Menurutnya ada beberapa kesalahan yang bisa dilakukan ketika mencuci mobil.

“Jangan mencuci mobil dibawah sinar matahari, hal ini akan membuat body dan kaca mobil banyak noda kerak air yang mengering, nantinya akan menjadi jamur,” ujar Christopher kepada Kompas.com belum lama ini di Jakarta.

Ilustrasi cuci mobil manualtheconversation.com Ilustrasi cuci mobil manual

Kemudian dilarang menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci mobil, hal ini akan membuat cat mobil menjadi kusam dan banyak goresan. Gunakan Shampo dengan PH rendah, seperti shampo dari Topcoat dan XTO Car Care.

Christopher melanjutkan, ketika sedang mencuci mobil sebaiknya menggunakan dua ember yang berbeda. satu ember untuk shampo dan satu ember lagi berisi air bersih untuk membilas, sehingga kotoran tidak akan tercampur.

Baca juga: Jika MotoGP Batal karena Virus Corona, Pebalap Gagal Gajian

“Cara membersihkan mobil setelah dibasahi dan diberi shampo yang benar adalah dengan gerakan dari atas ke bawah, jangan menggunakan gerakan sebaliknya atau gerakan memutar, karena hal tersebut akan menyebabkan debu dan kotoran menyebar atau kembali ke permukaan,” ujar Christopher.

Setelah dibilas, lap seluruh mobil hingga kering menggunakan kain plas chamois atau yang biasa dikenal dengan sebutan kanebo.

Christopher mengatakan “Jangan menurunkan jendela mobil sebelum kering. Ketika kaca diturunkan sebelum kering, maka akan banyak tetesan air di kaca jendela yang turun ke body mobil yang akhirnya akan mengering dan membuat flek air.”

Terkahir ia menambahkan, ketika membersihkan bagian dasbor, sebaiknya di lap menggunakan kain yang sedikit basah agar debu yang menempel bisa terangkat. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan karpet dengan vakum.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X