Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Virus Corona, Beberapa Karyawan Pabrik Toyota Indonesia Diliburkan

Kompas.com - 15/03/2020, 10:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak 31 Desember 2019, virus corona atau COVID-19 telah mendapat perhatian khusus dan ditetapkan sebagai wabah berbahaya oleh World Health Organization (WHO).

Sampai hari ini, virus corona telah menyebar ke lima benua dan telah mengganggu beragam aspek dalam kehidupan.

Dari sektor bisnis dan industri, sejumlah manufaktur sampai membatasi hingga menutup beberapa pabrik di China untuk mengurangi penyebaran virus.

Sebagian kantor di Jabodetabek pun mulai mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah. Lantas bagaimana dengan perusahaan otomotif?

Baca juga: Penjualan Mobil Bekas Kena Dampak Penyebaran Virus Corona

Pabrik Toyota yang ada di wilayah Durban, Afrika Selatan.Nikkei Pabrik Toyota yang ada di wilayah Durban, Afrika Selatan.

Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), mengatakan, perusahaan telah merumahkan beberapa orang terkait penyebaran virus corona.

Meski begitu, menurutnya hingga kini kantor-kantor TMMIN dan aktivitas di sejumlah fasilitas produksi milik Toyota masih berjalan.

“Belum diliburkan, kami baru meliburkan mereka yang rentan seperti yang sudah punya riwayat diabetes, penyakit paru-paru, dan sebagainya,” ucap Bob, kepada Kompas.com (15/3/2020).

Baca juga: Mengenal Yamaha F1ZR, Bebek 2-tak Nostalgia 90an

Pabrik TMMIN I di Karawang, Jawa Barat, yang memproduksi Toyota Fortuner dan Innova.TMMIN Pabrik TMMIN I di Karawang, Jawa Barat, yang memproduksi Toyota Fortuner dan Innova.

Di samping itu, Bob mengatakan pihaknya juga berusaha mengurangi kontak dengan warna negara asing yang baru datang dari luar negeri.

“Mengurangi tamu hanya yang urgent saja, perjalanan dinas luar negeri juga sudah dilarang,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com