Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Formula E Jakarta Ditunda, Sirkuit Monas Tetap Tunggu Proses Homologasi

Kompas.com - 11/03/2020, 13:31 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Balap Jakarta E-Prix yang sedianya bakal berlangsung 6 Juni 2020, dinyatakan ditunda. Hal ini dilakukan karena perkembangan kasus virus corona atau COVID-19 yang semakin marak di Indonesia.

Penyelenggara memilih langkah preventif untuk menghindari penyebaran virus corona, dan tidak melaksanakan lomba dalam waktu dekat.

“Kami sampai pada kesepakatan bahwa Jakarta E-Prix ditunda pelaksanaannya,” ujar Dwi Wahyu Daryoto, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), dalam keterangan resmi (11/3/2020).

Baca juga: Ke Mana Air dari Toilet Bus Dibuang, Apakah Langsung ke Jalan?

Suasana balap Formula E yang berlangsung di Roma, Italia.Motorsport.com Suasana balap Formula E yang berlangsung di Roma, Italia.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, lokasi balap mobil listrik Formula E diputuskan berada di Monas pada 6 Juni 2020.

Pihak Jakpro telah melakukan uji coba pengaspalan sirkuit Formula, tepatnya di sisi timur kawasan Monas pada Februari lalu.

Hasilnya metode pengaspalan geotextille bakal dipilih karena lebih mulus dan tidak menyebabkan lapisan batu alam atau cobblestone baret saat dikelupas.

Dwi juga mengatakan, saat ini pihaknya telah mencetak barrrier yang bakal dipasang sebagai pagar sirkuit Monas.

Baca juga: Kemenhub Kerek Tarif Ojek Online, Begini Respons Gojek dan Grab

Tempat pencetakan wall barrier untuk Formula , di Purwakarta, Jawa Barat. ANTARA/HO/OC Formula E Jakarta E-Prix Tempat pencetakan wall barrier untuk Formula , di Purwakarta, Jawa Barat.

Sementara itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa, mengatakan, sirkuit Monas bakal mendapat homologasi grade 3 dari FIA.

Sejauh ini proses homologasi sudah dilakukan dan tinggal menunggu persetujuan FIA untuk diterbitkan.

“Nanti surveyor akan datang lagi setelah pembangunan selesai. Sepuluh hari sebelum balapan disurvei ulang untuk mendapat kepasian sirkuit ini layak dan aman buat balapan,” kata Sadikin, beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com