Apa Masih Bisa Memanfaatkan Engine Brake pada Mobil Matik?

Kompas.com - 11/03/2020, 10:22 WIB
Tuas transmisi mobil matik Tuas transmisi mobil matik

,

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang beranggapan bila mobil transmisi matik sudah hilang kemampuan memanfaatkan putaran mesin alias engine brake sebagai bantuan pengereman. Engine brake biasa dimanfaatkan mobil dengan transmisi manual ketika melewati jalan turunan.

Ternyata, engine brake masih bisa dimanfaatkan pada mobil matik. Tapi, masih banyak pengguna yang belum paham cara kerja engine brake pada mobil matik.

Jadi, engine brake meruapakan teknik untuk memperlambat laju mobil dengan cara mengandalkan putaran mesin ketika transmisi diturunkan ke gigi yang lebih rendah.

Pada mobil bertransmisi manual, cara ini pasti sudah tidak asing untuk dilakukan, tetapi untuk mobil bertransmisi matik ada teknik untuk melakukan hal ini.

Baca juga: Pakai Teknik Engine Brake, Jangan Sampai Merusak Mesin

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Prabowo mengatakan, melakukan engine brake harus dilakukan secara bertahap, tidak boleh lompat.

“Teknik engine brake dilakukan step by step. Misal, gigi 5 turun ke gigi 4, kemudian ke gigi 3, secara gradual,” ujar Bambang ketika dihubungi Kompas.com.

Owner Worner Matic, Hermas Prabowo, mengatakan, pada mobil matik fasilitas engine brake biasanya ada pada low gear. Bisa pada L, dan pada beberapa tipe matik ada yang di posisi tuas 2.

Tuas transmisi otomatik.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Tuas transmisi otomatik.

Baca juga: Kenali Teknik Engine Brake Saat Berkendara

“Cara menggunakan engine brake cukup memindahkan tuas dari D ke 2 atau L, sebaiknya hal ini dilakukan dalam kecepatan rendah. Misal, tuas di geser saat laju mobil tidak lebih dari 30 Km per jam (Kpj), agar tidak menimbulkan overspeed. Selanjutnya tinggal mengatur rem saja,” ujar Hermas.

Hermas juga menambahkan, penggunaan engine brake sebaiknya dilakukan pada jalan turunan yang curam. Hal ini bertujuan untuk membantu kinerja rem, agar beban rem tidak terlalu berat.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X