Jangan Malas Bersihkan Helm Sendiri

Kompas.com - 10/03/2020, 19:45 WIB
Desain grafis helm Sean Gelael dengan grafis Gianna dan Kobe Bryant IstimewaDesain grafis helm Sean Gelael dengan grafis Gianna dan Kobe Bryant
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkesan sepele namun helm juga butuh perawatan yakni dengan cara dibersihkan. Apalagi jika helm tersebut digunakan untuk berkendara sehari hari.

Ahmad dari komunitas Belajar Helm menyarankan, helm sebaiknya dibersihkan seminggu sekali. Misalkan helm dipakai harian dari Senin - Jumat, maka pada akhir pekan dibersihkan.

Baca juga: Ganti Helm Jika Sudah Mengeluarkan Tanda Seperti Ini

"Baik helm fullface atau open face cuci sampai bersih di bagian ventilasi sebab bagian itu rentan debu, sehingga kuman banyak yang menempal di bagian ventilasi dan inner (bagian dalam helm)," katanya kepada Kompas belum lama ini.

Ahmad mengatakan, untuk mencuci bagian dalam helm caranya dengan melepas inner kemudian direndam sebentar menggunakan deterjen. Biarkan kotoran larut sendiri, tapi jika merasa perlu bisa ''dikucek'' pakai tangan.

"Cukup direndam dengan air dan deterjen, kemudian kucek dan bilas. Kuceknya pakai tangan saja jangan pakai sikat karena bisa membuat rusak bagian dalamnya," katanya.

Baca juga: Ketahui, Ini Perbedaan Helm buat Balap Mobil dan Motor

Untuk bagian visor atau erap disebut kaca helm, Ahmad menyarankan menggunakan cairan khusus yang memang direkomendasikan membersihkan visor.

"Soalnya pasti dibuat untuk tujuan tertentu, menghilangkan noda dan minyak. Tapi kalau tidk pakai air hangat, kemudian dilap pakai kain lembut atau microfiber," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X