Ini Bus Mewah yang Punya Fasilitas Premium

Kompas.com - 07/03/2020, 15:32 WIB
suites class karoseri laksana Kompas.com/Fathan Radityasanisuites class karoseri laksana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pameran GIICOMVEC 2020, banyak bus buatan karoseri Laksana. Namun, hanya satu yang menarik perhatian, terutama pengunjung, yaitu tipe Legacy SR2 Suites Class.

Sejak diperkenalkan di GIIAS 2019, karoseri Laksana kembali memamerkannya di gelaran GIICOMVEC 2020. Tampilan luarnya memang tidak terlihat bertingkat, hanya saja ada dua kaca bertingkat yang memperilihatkan posisi tempat duduk menumpuk.

Danang, staf marketing dari karoseri Laksana, mengatakan, basis bus tipe suites class menggunakan bus single deck, sehingga tidak terlalu tinggi.

Jika terlalu tinggi, bus akan kurang nyaman, terutama penumpang yang duduk di atas, limbungnya akan lebih terasa ketika manuver.

Baca juga: Honda Tanggapi Santai MG ZS Tantang HR-V

interior suites classKompas.com/Fathan Radityasani interior suites class

" Suites class ini basisnya menggunakan Legacy HD Prime yang tidak terlalu tinggi, lalu ada ubahan pada bagian interior yang lantainya dibuat lebih rendah. Hal itu menyebabkan tinggi dalam kabin kurang dari dua meter dan akses saat di dalam jadi lebih mudah," kata Danang kepada Kompas.com di GIICOMVEC, (6/3/2020).

Ubahan pada lantai kabin yang lebih rendah mengorbankan luas bagasi yang ada di bagian bawah bus. Tetapi luasnya masih cukup untuk memuat barang bawaan seperti koper ataupun tas.

Bagian interior dibuat hanya untuk 21 penumpang. Kursinya disusun menumpuk dan menggunakan model yang posisi duduknya bisa selonjoran dan direbahkan. Namun tidak bisa penuh sampai rata, karena menyesuaikan dari sisi keamanan.

Baca juga: Ini Efek Pemberantasan Truk ODOL buat Mitsubishi

"Kursi sengaja dibuat tidak bisa rata rebahnya, karena bisa berbahaya ketika terjadi kecelakaan. Dengan model yang seperti ini juga sudah cukup nyaman sudut rebahnya dan disertai sabuk pengaman dua titik," kata Danang.

Ketika duduk di kursi penumpang, panjang dari joknya cukup nyaman untuk orang dengan tinggi 177 cm, kaki tidak mentok. Pada bagian depan, terdapat layar hiburan LED 10 inci. Di bawah layar tersebut, ada laci terbuka yang cukup untuk menyimpan barang-barang.

posisi duduk suites classKompas.com/Fathan Radityasani posisi duduk suites class

Pada bagian samping, ada sandaran tangan disertai dua tempat untuk menaruh botol minuman. Pada bagian tersebut, ada juga dua colokan USB untuk mengecas telepon genggam dan lubang untuk headset.

“Untuk harga dari bodi suites class yang dipamerkan ini yaitu Rp 1,1 miliar. Namun harga itu bisa disesuaikan dengan spesifikasi yang diinginkan oleh konsumen, pilihan sasis juga memengaruhi,” ujar Danang.

 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X