Cara Cek Keaslian Yamaha RX-King SE yang Harganya Tembus Rp 150 Juta

Kompas.com - 05/03/2020, 12:03 WIB
Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 juta Kompas.com/DonnyYamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Yamaha RX-King Special Edition (SE) berhasil terjual dengan harga yang fantastis, tembus Rp 150 juta. Sontak, banyak pedagang RX-King SE langsung menaikkan harganya.

Sebenarnya, RX-King standar bisa saja direstorasi menjadi RX-King SE. Tapi, tentu harganya tidak akan setinggi RX-King SE yang asli. Untuk menghindari penipuan oknum yang menjual RX-King SE palsu, ada trik sederhana yang bisa dilakukan.

Baca juga: Nostalgia Yamaha RX-King SE yang Kini Harganya Tembus Rp 150 Juta

Ahmad Arif, pedagang RX-King bekas di laman Instagram @arifkingpriok, mengatakan, keaslian RX-King SE bisa dicek melalui aplikasi khusus Yamaha, yakni Yamaha Parts Catalogue. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store atau di App Store.

Mengecek keaslian RX-King SE dengan aplikasi Yamaha Parts CatalogueKompas.com/Donny Mengecek keaslian RX-King SE dengan aplikasi Yamaha Parts Catalogue

"Untuk RX-King dari tahun 2002 ke atas, kalau nomor rangkanya kita masukkan di aplikasi Yamaha Parts Catalogue, nanti akan keluar motor itu seperti apa aslinya," ujar Arif, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Arif menambahkan, pada aplikasi tersebut akan keluar gambar motornya sesuai dengan warnanya. Jadi, konsumen tidak akan bisa terkecoh.

"Jika nomor rangkanya yang dimasukkan di aplikasi keluar gambar RX-King dengan warna merah, berarti motor tersebut memang aslinya warna merah," kata Arif.

Baca juga: Restorasi RX-King Standar Jadi Special Edition Hanya Rp 10 Jutaan

RX-King SE memiliki beberapa perbedaan dibandingkan versi standar, khususnya di bagian tampilannya. Perbedaan tersebut ada di lis lampu depan, lis speedometer, striping, dan pegangan footstep belakang berwarna krom.

Sedangkan untuk mesinnya, tidak ada perbedaan dengan RX-King standar. Mesinnya tetap berkapasitas 132 cc, 2 langkah, berpendingin udara, dengan 5 percepatan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X