Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Keaslian Yamaha RX-King SE yang Harganya Tembus Rp 150 Juta

Kompas.com - 05/03/2020, 12:03 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Yamaha RX-King Special Edition (SE) berhasil terjual dengan harga yang fantastis, tembus Rp 150 juta. Sontak, banyak pedagang RX-King SE langsung menaikkan harganya.

Sebenarnya, RX-King standar bisa saja direstorasi menjadi RX-King SE. Tapi, tentu harganya tidak akan setinggi RX-King SE yang asli. Untuk menghindari penipuan oknum yang menjual RX-King SE palsu, ada trik sederhana yang bisa dilakukan.

Baca juga: Nostalgia Yamaha RX-King SE yang Kini Harganya Tembus Rp 150 Juta

Ahmad Arif, pedagang RX-King bekas di laman Instagram @arifkingpriok, mengatakan, keaslian RX-King SE bisa dicek melalui aplikasi khusus Yamaha, yakni Yamaha Parts Catalogue. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store atau di App Store.

Mengecek keaslian RX-King SE dengan aplikasi Yamaha Parts CatalogueKompas.com/Donny Mengecek keaslian RX-King SE dengan aplikasi Yamaha Parts Catalogue

"Untuk RX-King dari tahun 2002 ke atas, kalau nomor rangkanya kita masukkan di aplikasi Yamaha Parts Catalogue, nanti akan keluar motor itu seperti apa aslinya," ujar Arif, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Arif menambahkan, pada aplikasi tersebut akan keluar gambar motornya sesuai dengan warnanya. Jadi, konsumen tidak akan bisa terkecoh.

"Jika nomor rangkanya yang dimasukkan di aplikasi keluar gambar RX-King dengan warna merah, berarti motor tersebut memang aslinya warna merah," kata Arif.

Baca juga: Restorasi RX-King Standar Jadi Special Edition Hanya Rp 10 Jutaan

RX-King SE memiliki beberapa perbedaan dibandingkan versi standar, khususnya di bagian tampilannya. Perbedaan tersebut ada di lis lampu depan, lis speedometer, striping, dan pegangan footstep belakang berwarna krom.

Sedangkan untuk mesinnya, tidak ada perbedaan dengan RX-King standar. Mesinnya tetap berkapasitas 132 cc, 2 langkah, berpendingin udara, dengan 5 percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com