Kompas.com - 04/03/2020, 09:22 WIB

BOGOR, KOMPAS.comVespa dua tak kembali dicari oleh pecinta kendaraan roda dua. Harga jual skuter ini, meski sudah berstatus motor bekas, kembali tinggi.

Tipe Vespa tahun 1970 ke bawah, seperti Super atau Sprint, harganya mulai Rp 10 jutaan, masih berstatus "bahan". Artinya, butuh merogoh kocek tambahan untuk biaya rekondisi, perbaikan, sampai modifikasi.

Kalau ada yang menjual dalam kondisi rapi, bisa mencapai Rp 20 jutaan bahkan lebih.

Bagi yang baru mau mulai bermain Vespa dua tak, bisa membeli model yang lebih muda seperti Exclusive, Excel, atau PX. Selain lebih murah, perawatannya pun tergolong lebih mudah dibanding model yang lebih tua.

Salah satu tips ketika mencari Vespa dua tak yaitu pilih yang tempat kaki atau dek yang tidak keropos atau berkarat. Cara mengeceknya pun cukup mudah.

Baca juga: Mana yang Motor Bekasnya Gampang Dijual, CBR250RR, R25 atau Ninja 250?

Beberapa jenis VespaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Beberapa jenis Vespa

Mawi, pemilik dari bengkel vespa, Sar Motor di Bogor, mengatakan, mengecek kondisi dek bisa dilihat dibalik karpet karetnya.

“Diangkat dulu karpetnya, biasanya ada di bagian belakang tempat kaki penumpang. Pada bagian itu lebih sering terkena air, jadi rawan kropos dan berkarat,” ucap Mawi kepada Kompas.com, Selasa (3/3/2020).

Jika dek tidak keropos, Vespa tidak perlu melakukan perbaikan lagi dan siap digunakan untuk sehari-hari. Sedangkan kalau ada keropos, bisa diperbaiki dengan mengelas pelat baru dan harus dicat ulang agar rapi.

Baca juga: Skutik Bongsor Bekas, NMAX atau PCX yang Cepat Laku?

Endar, anak dari Mawi yang juga mekanik di bengkel Sar Motor, menyarankan untuk pemula, lebih baik cari Vespa yang sudah rapi dan siap jalan. Walaupun lebih mahal sedikit dari motor bahan, akan lebih mahal lagi jika membangun Vespa dari awal.

“Bagi pemula, cari saja yang sudah jadi. Kalau beli yang masih bahan, bisa lebih banyak lagi pengeluaran untuk perbaikinya,” ucap Endar kepada Kompas.com, Selasa (3/3/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.