Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Qatar Batal, Kenapa Moto2 dan Moto3 Jalan Terus?

Kompas.com - 03/03/2020, 17:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna sebagai organisasi penyelenggara balapan MotoGP secara resmi menunda seri perdana MotoGP 2020 yang akan berlangsung di Losail, Qatar karena ancaman penyebaran virus corona.

Meski demikian, sebagaimana dikatakan CEO Dorna Sports Carmelo Ezpelata, penyelenggaraan balap kelas Moto2 dan Moto3 akan tetap berlangsung sesuai jadwal.

Hal ini dikarenakan jatuh tempo helatan sesuai dengan imbauan pemerintah sana.

"Moto2 dan Moto3 telah melakukan pengujian motor minggu ini di Qatar. Kemungkinan, ajang tersebut akan tetap dilaksanakan bersama dengan Asia Talent Cup. Sebab sesuai dengan imbauan otoritas Qatar (terkait karantina dan lainnya)," katanya dilansir MotoGP.com, Selasa (3/3/2020).

Baca juga: Penjelasan Resmi soal Pembatalan MotoGP Qatar

Ajang balap motor listrik MotoE di MotoGP. (Photo by Marco Bertorello / AFP)MARCO BERTORELLO Ajang balap motor listrik MotoE di MotoGP. (Photo by Marco Bertorello / AFP)

Untuk diketahui, otoritas Qatar mewajibkan siapa pun yang telah berada di Italia dalam dua minggu terakhir disarankan untuk dikarantina selama minimal 14 hari di Qatar.

Sementara para pebalap Moto2 dan Moto3 sudah berada di Qatar sejak minggu lalu, sehingga penyelenggaraannya bisa dilaksanakan.

"Awalnya untuk gelaran MotoGP bisa berjalan lancar, namun kami menerima indikasi dari pihak berwenang karena situasi Italia yang mengakibatkan perketatan penerbangan langsung dari Italia ke negara manapun," ujar Ezpeleta.

"Oleh sebab itu, kami membatalkan kategori MotoGP di Gran Prix Qatar. Kami akan informasikan lebih lanjut nanti," lanjutnya.

Sementara untuk gelaran di Thailand sendiri, Ezpeleta menjelaskan, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi sepanjang akhir pekan lalu.

Namun dipastikan untuk Thailand tidak terkait dengan masalah orang Italia atau siapapun dari negera lain yang pergi ke sana.

"Ini tidak terkait dengan orang Italia atau siapa pun dari negara lain yang pergi ke Thailand, itu karena mereka telah memutuskan untuk membatalkan acara besar dengan jumlah penonton yang besar. Ini beda situasi dengan Qatar, jadi kami memutuskan untuk menunda Grand Prix Thailand dan mencoba mencari tanggal di akhir tahun untuk memungkinkan GP," ujar Ezpeleta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com