Kompas.com - 03/03/2020, 11:35 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga Yamaha RX King justru meroket setelah setop produksi lebih satu dasawarsa lalu. Bukan hanya unitnya saja beberapa komponennya pun makin mahal, bahkan bisa setara motor bekas.

Salah satu ialah blok mesin. RX King memiliki dua seri blok mesin yakni seri Y dan YP. Nama pertama merupakan seri legendaris karena masih impor Jepang dan diklaim memiliki material yang lebih baik.

Baca juga: Harga Suku Cadang Yamaha RX-King Tembus Jutaan Rupiah

"RX King yang utama blok-nya, karena harga blok itu saat ini selangit," kata Muchrodin, Ketua Umum Yamaha RX King Indonesia (YRKI) Club dan Kings Club Djakarta (KCDj), kepada Kompas.com, Selasa (3/3/2020).

Didiet King Foto: Dokumen pribadi Didiet King

Blok seri Y juga punya beberapa tipe yaitu Y1, Y2 dan Y3. Perbedaannya tidak jauh yakni soal tahun produksi, tapi yang pasti blok seri Y biasanya digunakan oleh RX King tahun lama alias generasi awal.

"Yang paling bagus itu blok Y1 29N, dua tahun lalu teman saya jual blok saja sudah Rp 11 juta. Keunggulannya dia bedanya masih impor, logamnya padat," kata pria yang akrab disapa Didiet King ini.

"Waktu itu teman saya tahun 2018 jual waktu kita mau Jambore RX King di Papua, dia mau berangkat ke sana dari Surabaya, bloknya dijual Rp 11 juta untuk berangkat dari Surabaya ke Papua," kata Didiet.

Blok Yamaha RX King Y1 Blok Yamaha RX King Y1

Baca juga: Biaya Restorasi Yamaha RX-King Bisa Tembus Rp 50 Jutaan

Jangankan yang masih orisinil alias belum kena ''korter,'' blok seri Y1, Y2 dan Y3, yang sudah oversize juga masih ada harganya. Bahkan yang oversize 50 saja masih mahal di kisaran Rp 5 juta ke atas.

Bukan isapan jempol. Di situs jual beli tak sedikit yang juga menjajakan blok seri Y beserta ''jeroannya.'' Terlihat blok Y2 dijual dengan bukaan Rp 15 juta, sedangkan blok Y1 lengkap dengan piston dan kruk as mencapai Rp 19 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.