Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Dahulu Ini, Sebelum Sebelum Ganti Wiper Mobil

Kompas.com - 03/03/2020, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comWiper mobil adalah komponen penting ketika mengemudi saat hujan. Fungsi wiper yaitu untuk menyapu air yang ada pada kaca depan maupun belakang agar jalan bisa terlihat jelas ketika hujan turun.

Bagi pemilik kendaraan, wiper merupakan suku cadang yang cepat masa pakainya atau fast moving. Jika sudah rusak, sapuan wiper menjadi tidak maksimal dan menyisakan air pada kaca. Hal itu bisa menyebabkan penglihatan pengemudi menjadi terganggu.

Oleh karena itu, penggantian wiper harus dilakukan secara rutin, disarankan untuk mengganti dua kali dalam setahun. Ketika ingin mengganti wiper, sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal berikut ini.

Baca juga: Fortuner Bekas Lebih Dicari ketimbang Pajero Sport

Merawat wiper kaca mobilautofresh.net Merawat wiper kaca mobil

“Hal yang pertama dilakukan yaitu memastikan ukuran wipernya sama dengan yang standar,” ucap Deki, Head Marketing dari bengkel 1 Station kepada Kompas.com, Senin (2/3/2020).

Ukuran dari wiper memang bisa lebih panjang atau pendek dibanding yang standar. Jika lebih panjang, selama masih pas dan tidak mengenai wiper sebelahnya atau pinggir kaca, tidak masalah. Tapi jika terlalu panjang atau pendek, bisa merusak komponen lainnya.

Baca juga: Mobil Terlaris Januari 2020, Brio Kejar Avanza, Xpander Tertinggal

“Kalau kepanjangan, bisa rusak karena menabrak wiper yang satunya lagi atau mengenai ujung kaca depan mobil. Kalau kependekan, area sapuan wiper jadi tidak maksimal,” ucap Deki.

Kedua, pilih tipe wiper yang ingin digunakan. Tipe yang biasa dijual yaitu dengan rangka (frame) atau tanpa rangka (frameless).

Untuk harganya, tidak berbeda jauh, namun yang frameless tentunya lebih mahal dibanding yang biasa atau dengan rangka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com