Simak Dahulu Ini, Sebelum Sebelum Ganti Wiper Mobil

Kompas.com - 03/03/2020, 10:02 WIB
Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade boschBosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade

JAKARTA, KOMPAS.comWiper mobil adalah komponen penting ketika mengemudi saat hujan. Fungsi wiper yaitu untuk menyapu air yang ada pada kaca depan maupun belakang agar jalan bisa terlihat jelas ketika hujan turun.

Bagi pemilik kendaraan, wiper merupakan suku cadang yang cepat masa pakainya atau fast moving. Jika sudah rusak, sapuan wiper menjadi tidak maksimal dan menyisakan air pada kaca. Hal itu bisa menyebabkan penglihatan pengemudi menjadi terganggu.

Oleh karena itu, penggantian wiper harus dilakukan secara rutin, disarankan untuk mengganti dua kali dalam setahun. Ketika ingin mengganti wiper, sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal berikut ini.

Baca juga: Fortuner Bekas Lebih Dicari ketimbang Pajero Sport

Merawat wiper kaca mobilautofresh.net Merawat wiper kaca mobil

“Hal yang pertama dilakukan yaitu memastikan ukuran wipernya sama dengan yang standar,” ucap Deki, Head Marketing dari bengkel 1 Station kepada Kompas.com, Senin (2/3/2020).

Ukuran dari wiper memang bisa lebih panjang atau pendek dibanding yang standar. Jika lebih panjang, selama masih pas dan tidak mengenai wiper sebelahnya atau pinggir kaca, tidak masalah. Tapi jika terlalu panjang atau pendek, bisa merusak komponen lainnya.

Baca juga: Mobil Terlaris Januari 2020, Brio Kejar Avanza, Xpander Tertinggal

“Kalau kepanjangan, bisa rusak karena menabrak wiper yang satunya lagi atau mengenai ujung kaca depan mobil. Kalau kependekan, area sapuan wiper jadi tidak maksimal,” ucap Deki.

Kedua, pilih tipe wiper yang ingin digunakan. Tipe yang biasa dijual yaitu dengan rangka (frame) atau tanpa rangka ( frameless).

Untuk harganya, tidak berbeda jauh, namun yang frameless tentunya lebih mahal dibanding yang biasa atau dengan rangka.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X