IIMS 2020 Tunggu Imbauan Pemerintah Pascapengumuman Virus Corona

Kompas.com - 03/03/2020, 09:02 WIB
Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.

j

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelenggaraan pameran otomotif Indonesia International Motor Show ( IIMS) 2020 masih menunggu kebijakan pemerintah pasca hadirnya ancaman penyebaran virus corona ( Covid-19) di Tanah Air.

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo selaku penyelenggara acara menyatakan bahwa sejauh ini belum ada komunikasi untuk membatalkan atau menunda IIMS yang rencananya bakal dihelat pada 9-19 April 2020.

"Sejauh ini karena belum keputusan apa-apa kami masih on schedule. Tapi memang kewaspadaan terkait isu ini meningkat satu level. Kami akan terus memantau dan mudah-mudahan tidak semakin memburuk," ujarnya kepada Kompas.com, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Baca juga: Indonesia Positif Corona, Berikut 10 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona

Ilustrasi mengenakan maskershutterstock Ilustrasi mengenakan masker

Bila ke depan pemerintah mengajukan imbauan untuk menunda segala bentuk acara yang membuat masyarakat berkumpul secara masif karena dikhawatirkan virus corona semakin menyebar, ia siap untuk mengikuti.

"Kalau ada imbauan seperti itu, kita pasti ikut. Tidak mungkin juga mengambil keputusan berbeda. Bagaimana pun, keselamatan nomor satu. Kami berharap segera membaik," kata Kohen, sapaan karibnya.

Pada kesempatan sama, ia juga menyebut bahwa pada pameran IIMS 2020 nanti pihak Dyandra akan memperketat tenaga medis dan sarana terkait sebagai antisipasi penyebaran virus corona di venue.

Baca juga: Fortuner Bekas Lebih Dicari ketimbang Pajero Sport

Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.

Untuk diketahui, hingga Februari 2020 tercatat sudah ada 20 Agen Pemegang Merek (APM) roda empat dan roda dua yang memastikan diri meramaikan pameran IIMS 2020. Di antaranya, BMW, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mini, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, Wuling, dan satu merek yang masih dirahasiakan identitasnya.

Sementara untuk merek sepeda motor ada Honda, Benelli, Electro, Kawasaki, Kymco, Royal Enfield, Viar, dan Yamaha.

Kohen juga menyebut saat ini sudah menunda salah satu helatan besar lain di Indonesia karena khawatir dengan penyebaran virus Corona, yaitu Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2020.

"IFEX 2020 contohnya rencananya itu Maret kita gelar tapi batal, sebab walau penjualnya orang kita tapi mayoritas semua pembelinya orang luar negeri. Jadi kita juga lihat probabilitasnya, keselamatan faktor utama," kata dia.

Sebelumnya, ajang pameran skala internasional lainnya, seperti Geneva International Motor Show 2020 dipastikan batal dari penyelenggaraan. Selain itu, New York Auto Show 2020 juga tengah menunggu kepastian apakah akan melanjutkan pameran atau juga membatalkan perhelatan.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X