Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Mobil Bisa Jadi Rumah buat Makhluk Lain

Kompas.com - 01/03/2020, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebersihan kabin harus selalu diperhatikan oleh pemilik mobil, jika tidak, lama-lama akan ada ‘penyusup’ nakal yang tidak diinginkan.

Hewan yang paling sering ditemui pada kabin mobil diantaranya, semut, kecoa, laba-laba, dan tikus. Penyebabnya bisa bermacam-macam.

CEO Makko Grup, Christopher Sebastian, mengatakan banyak hal yang bisa menjadi penyebab serangga dan hewan kecil tersebut bersarang.

Baca juga: Cari Mobil Diesel Bekas, Masih Ada yang Lebih Murah dari Panther

“Contohnya semut bersarang karena terdapat sisa makanan, tikus bersarang pada tempat yang banyak kabel, kecoa bisa bersarang karena dasbor yang lembab, sementara laba-laba biasanya bersarang karena mobil kotor dan banyak debu,” ujar Christopher kepada Kompas.com, Minggu (29/02/2020)

Jika hal tersebut sudah terjadi, pasti akan membuat pengemudi dan penumpang tidak nyaman. Lantas bagaimana cara menyingkiran hewan-hewan tersebut?

Penampakan serangga saat lantai dasar terbuk setelah karpet dibuka.Billy Indarta Penampakan serangga saat lantai dasar terbuk setelah karpet dibuka.

“Pada dasarnya cukup menjaga kebersihan mobil secara rutin dengan cara menyapu area-area yang terdapat debu, atau melakukan vacum. Jika kendaraan sudah terlalu kotor ada baiknya melakukan perawatan auto-detailing, Disarankan melakukan car fogging yang memiliki fungsi untuk mengusir hewan dan membunuh bakteri,” kata Christoper.

Baca juga: Harga Motor Lawas Yamaha RX-K Bisa Tembus Rp 100 Juta

Jika binatang tersebut sudah terlanjur bersarang di kabin terutama dalam dasbor, ada cara membersihkannya tanpa harus membongkar dasbor mobil.

“Bisa dibersihkan dengan blower atau vacum cleaner, namun sebaiknya jangan melakukan hal ini sendiri. Bawa kendaraan ke salon mobil dan minta untuk dilakukan auto detailing seperti Top Coat atau XTO Car Care,” ujar Christopher.

Tetapi jika hewan tersebut sudah merusak komponen mobil, seperti tikus yang mengigit kabel mobil. Sebaiknya segera bawa bengkel, karena ditakutkan mobil akan mengalami gangguan pada bagian kelistrikan mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com