Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Murah Pasang Kaca Film Kaki Lima, Mulai Rp 400.000

Kompas.com - 01/03/2020, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Kaca film menjadi aksesoris yang penting untuk dipasang pada mobil. Selain yang bermerek, ada juga pilihan kaca film kaki lima dengan harga yang lebih ekonomis.

Merek kaca film yang biasa digunakan di pinggir jalan adalah Sunpolar, Sunprotect, Solar Screen, dan paling tinggi pakai produk 3M.

Maman, pemilik dari Yan Variasi di Bogor, mengatakan, pemasangan kaca film di tempatnya menggunakan produk yang kualitasnya mirip dengan standar pabrikan. Pilihan kadar kegelapan dari kaca film juga bisa dipilih.

Baca juga: Jajal Nyamannya Transjabodetabek Premium Menuju Bogor [VIDEO]

Ilustrasi pemasangan kaca film di toko Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Ilustrasi pemasangan kaca film di toko Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan

“Merek yang Sunprotect kurang lebih sama kualitasnya dengan kaca film bawaan pabrik, bahkan anti goresnya lebih baik. Kadar gelapnya juga bisa sesuai permintaan, dari 40 persen sampai 80 persen,” ucap Maman, saat dijumpai Kompas.com, Sabtu (29/2/2020).

Harga dari pemasangan kaca film, Maman mematok harga sesuai merek dari kaca filmnya. Misalnya untuk Sunprotect harganya Rp 400.000, Sunpolar Rp 700.000, Solar Screen Rp 900.000, dan 3M Rp 1,8 juta.

Baca juga: Cari Mobil Diesel Bekas, Masih Ada yang Lebih Murah dari Panther

“Mobil biasa harganya sama, tergantung dari merek yang digunakan. Harga yang sama dikarenakan penggunaan kaca film yang tidak jauh berbeda panjangnya. Kalau untuk merek 3M sudah jarang yang cari,” kata Maman.

Bagi pembeli yang ingin memasang kaca film kaki lima, jangan terlalu berharap akan adanya garansi. Garansi ada, namun untuk merek tertentu. Merek seperti Sunpolar, Sunprotect, dan Solar Screen hanya ada garansi pemasangan.

“Merek yang bisa garansi penuh yaitu 3M, kalau yang lain hanya pemasangan saja. Jika pemilik kurang puas dengan hasil pemasangan, bisa langsung diperbaiki oleh bengkel,” ujar Maman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com