Memilih Karpet Mobil yang Pas untuk Musim Hujan

Kompas.com - 29/02/2020, 10:22 WIB
Karpet Mobil berbahan dasar karet cocok dipakai pada musim hujan Dok. Otomotif GroupKarpet Mobil berbahan dasar karet cocok dipakai pada musim hujan

JAKARTA, KOMPAS.com – Interior mobil harus mendapat perhatian lebih saat menghadapi musim hujan. Pasalnya, cuaca yang lembap dapat membuat interior beraroma kurang sedap.

Selain memberikan pengharum mobil, perlu juga memperhatikan kebersihan bagian karpet. Pemilihan bahan dasar karpet yang pas jadi poin penting dalam menjaga kebersihan interior.

Apalagi, Anda sering keluar masuk mobil, otomatis karpet bakal menyerap air dari alas kaki. Pemilihan karpet mobil saat menghadapi musim hujan pun tidak bisa sembarangan.

Baca juga: Kata Yamaha soal Harga RX-King Bekas yang Makin Mahal

Ilustrasi karpet mobil berbahan dasar beludruDok. Otomotif Group Ilustrasi karpet mobil berbahan dasar beludru

Feri Gusrijal, pemilik Ferrari Jok & Car Interior di kawasan Cibubur, Jawa Barat, menyarankan, pemilik mobil untuk tidak menggunakan karpet berbahan beludru. Sebab, karpet jenis ini lebih banyak menyerap air dan agak susah dibersihkan.

“Saat musim hujan, paling enak pakai karpet berbahan karet atau pvc, karena tidak menyerap air dan lebih mudah dibersihkan," ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

"Terlebih saat musim hujan biasanya alas kaki penumpang kotor karena menginjak genangan air atau lumpur,” kata Feri.

Baca juga: Adab Ketika Ingin Menyalip Truk atau Bus

Karpet mobil dengan nuansa motif kaum hawa.Ghulam/Otomania Karpet mobil dengan nuansa motif kaum hawa.

Dengan karpet berbahan dasar karet, jika sudah terlihat kotor, Anda bisa mengeluarkan karpet dan membersihkannya dengan mudah. Misal dengan lap chamois atau microfiber.

“Kalau sudah kotor banget, bisa disikat menggunakan sampo mobil atau sabun cuci piring,” ucapnya.

Di samping bahan dasar karet, penting juga untuk memperhatikan bagian permukaan bawah karpet yang menempel dengan lantai kabin atau karpet dasar.

“Lebih baik pilih karpet yang bagian bawahnya bergerigi atau kasar. Ini penting, karena kalau permukaan bawahnya licin, justru berbahaya, kaki bisa tergelincir, bahkan karpet bisa menghalangi pedal gas atau rem,” ujar Feri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X