Pasang Central Lock Mobil Cuma Rp 75.000

Kompas.com - 29/02/2020, 07:32 WIB
Central lock adalah salah satu komponen yang rawan rusak karena usia. KompasOtomotif-donny aprilianandaCentral lock adalah salah satu komponen yang rawan rusak karena usia.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Pengunci pintu otomatis atau central lock menjadi komponen yang cukup penting pada mobil. Fitur ini menjadi bagian dari keamanan saat melakukan perjalanan.

Adanya fitur pengunci tersebut, pengemudi cukup menekan satu tombol untuk mengunci empat pintu mobil sekaligus.

Dengan begitu, sopir tidak perlu khawatir jika ada pintu yang belum terkunci karena bisa dikendalikan melalui tombol yang menempel di doortrim.

Tetapi, tidak semua mobil mengadopsi fitur pengunci otomatis ini terutama mobil keluaran lama. Sementara untuk keluaran baru sudah pasti menerapkan fitur keamanan ini.

Bagi pemilik mobil yang belum ada fitur central lock dan ingin memasangnya harganya juga relatif terjangkau.

Ngadino (48) pemilik bengkel spesialis pintu Berdikari Jaya, Solo, Jawa Tengah ( Jateng) mengatakan, tarif untuk pemasangannya berkisar Rp 75.000 saja.

Baca juga: Rumitnya Sistem ”Central Lock” dan Kemungkinan Dibobol

“Jika ingin memasang central lock harganya hanya Rp 75.000 untuk satu pintu, kalau mau pasang empat pintu tinggal dikalikan saja,” kata Ngadino kepada Kompas.com, Jumat (28/2/2020).

Seorang teknisi tengah memperbaiki power window yang rusak di bengkel Berdikari Jaya, Solo, Jawa Tengah (Jateng).Ari Purnomo Seorang teknisi tengah memperbaiki power window yang rusak di bengkel Berdikari Jaya, Solo, Jawa Tengah (Jateng).

Biaya tersebut, Ngadino menambahkan, sudah termasuk tarif untuk pembelian sparepart maupun untuk ongkos pemasangannya. Jadi pemilik mobil hanya menunggu proses pemasangannya selesai.

“Tapi sebelum dipasang, teknisi kami akan melakukan pemeriksaan bagian pengunci pintunya dulu. Kalau lancar dan tidak ada kendala bisa langsung dipasang,” ucapnya.

Tetapi, Ngadino menambahkan, jika memang ada kendala dan pengunci tidak bisa bekerja normal maka perlu dilakukan perbaikan dulu. Jika tombol pengunci sudah normal barulah dipasang central lock.

Baca juga: ”Central Lock” Dibuka Orang Lain, Bisa Jadi Kerabat Dekat!

“Kalau penguncinya rusak dipasang central lock juga tidak akan sempurna, nanti ditekan tidak bisa mengunci semua. Makanya sebelum dipasang diperiksa dulu penguncinya,” ujarnya.

Jika pengunci rusak, katanya, pemilik mobil bisa saja kembali ke bengkel untuk mengeluhkan kondisi central locknya.

Ilustrasi servis central lock pada kendaraan roda empat.youtube Ilustrasi servis central lock pada kendaraan roda empat.

Sedangkan, jika pemilik mobil ingin memasang pengunci otomatis termasuk juga alarm harganya juga berbeda, tergantung jenis alarm yang akan digunakan.

“Alarm kan ada tingkatannya, mulai dari Rp 250.000 sampai ada yang Rp 650.000,” kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X