Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 5 Motor Lawas yang Punya Harga Selangit, Salah Satunya RX-King

Kompas.com - 28/02/2020, 12:33 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada perkembangan zaman dan teknologi saat ini, kehadiran sepeda motor canggih semakin banyak. Model dan desainnya pun semakin beragam. Namun hal tersebut tak lantas mengakibatkan motor produksi lawas kehilangan peminat.

Bahkan, bila melihat pasar motor bekas beberapa waktu belakangan, tak sedikit motor tahun '90an yang naik daun kembali seperti Yamaha RX-King atau Suzuki RGR 150. Populasinya yang terbatas menjadi salah satu penyebab utama.

Berikut Kompas.com rangkum beberapa motor produksi lawas yang masih punya harga tinggi sampai Februari 2020:

Baca juga: Kata Yamaha soal Harga RX-King Bekas yang Makin Mahal

Honda NSR250R milik Gany Rahman.Gany Rahman Honda NSR250R milik Gany Rahman.

Honda NSR250R

Honda NSR250R merupakan motor yang diproduksi oleh berbagai oleh berbagai versi legal dari motor balap mereka yang turun di ajang GP250 (sekarang Moto2) antara 1987 hingga 1999.

Motor ini berkembang mulai dari NS250R MC11 dan diproduksi dalam empat generasi. Keempatnya menggunakan mesin berpendingin cairan 249 cc, 90 derajat V-twin.

Pada masanya, motor karya Soichiro Honda ini sangat laris di Jepang dan beberapa negara Asia lainnya. Tak heran, sebab empat generasi pada NSR250R begitu ikonik waktu itu.

Honda NSR250ROni Faristiwa Honda NSR250R

Di pasar motor bekas, NSR250R amat langka bahkan menjadi salah satu kendaraan yang spesial atau collectible item. Garry Rahman, yang merupakan pecinta motor ini sejak ia duduk dibangku SMP menyebut harganya bisa mencapai Rp 250 jutaan.

"Terakhir, teman saya jual motor seperti ini dengan keadaan bagus di kisaran Rp 250 juta. Tapi ada juga yang jual di angka Rp 300 jutaan tergantung kondisi," katanya saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Motor 2-tak legendaris Yamaha TZM 150wheelsage.org Motor 2-tak legendaris Yamaha TZM 150

Yamaha TZM 150

Pada pertengahan tahun '90-an, Yamaha sempat menggemparkan pasar motor sport berbodi fairing, 2-tak yakni TZM 150. Motor di bawa PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) dengan status completely built up (CBU).

Di masa itu, TZM 150 mampu bersaing dengan berbagai kompetitornya seperti Suzuki RGR 150, Kawasaki Ninja 150, dan NSR 150R. Tak heran, sebab desain yang revolusioner tersebut membawa angin segar tersendiri di pasaran.

Ricky Mahendra, salah satu pemilik TZM 150 menyebutkan bahwa saat ini harga motor mampu mencapai puluhan juta rupiah. Namun banderolnya berbeda-beda di pasar motor bekas, karena langka dan hanya sedikit yang masih orisinil.

Motor 2-tak legendaris Yamaha TZM 150Dok. Ricky Mahendra Motor 2-tak legendaris Yamaha TZM 150

"Setelah TZM 150 keluar, harga yang semula Rp 9 jutaan jadi Rp 14 jutaan, terus naik Rp 16 jutaan, dan naik lagi sampai terakhir di angka Rp 24 jutaan. Mungkin sekarang Rp 40 jutaan. Motor berhenti dijual karena saat itu ada kejadian krisis moneter," kata dia.

Saat ini, harga motor tidak bisa dipastikan. Namun jika melihat spesifikasinya, TZM 150 masih layak menjadi motor yang digunakan saat di akhir pekan untuk bersenang-senang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com