Suku Cadang Pengganti Vespa Matik Jadi Mudah Dicari

Kompas.com - 28/02/2020, 11:42 WIB
vespa turun mesin Kompas.com/Fathan Radityasanivespa turun mesin

BOGOR, KOMPAS.comVespa matik sejatinya merupakan motor untuk digunakan harian. Karena sering digunakan, perawatan Vespa matik juga wajib dilakukan, setidaknya dalam interval yang rutin.

Masalahnya, motor bermerek Italia ini dikenal para pemilik dengan suku cadang yang relatif langka dan mahal di pasar. Tapi, bengkel-bengkel modifikasi Vespa matik sudah menemukan suku cadang alternatif, yang bisa digunakan menggantikan parts orisinal.

Komponen subtitusi yang digunakan berasal dari motor merek Jepang seperti Honda, Suzuki, maupun Yamaha.

Bagus, pemilik dari bengkel modifikasi Vespa matik, Rage di Bogor, Jawa Barat, mengatakan, kalau pemilik Vespa matik tidak perlu khawatir mencari suku cadang untuk motornya. Suku cadang dari motor Jepang lebih mudah dicari dibanding yang orisinal Vespa.

Baca juga: Penampakan Mesin Utuh Kawasaki ZX-25R si Ninja 4-Silinder

Salah satu vespa yang sedang di serviceKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Salah satu vespa yang sedang di service

“Tapi akhirnya tergantung dari pemilik juga, dia ingin cepat atau orisinal. Kalau cepat ya pakai produk Jepang, kalau mau orisinal ya harus menunggu, cari yang orisinal,” kata Bagus kepada Kompas.com belum lama ini.

Barang yang bisa diganti dengan produk Jepang seperti rantai keteng bisa pakai GL-Max, starter bisa pakai Satria F, injektor bisa pakai Vario atau CB150R. Jadi kalau bengkel yang sudah sering bongkar mesin dan kesulitan cari barang orisinalnya, pasti tau barang subtitusinya.

Baca juga: Biaya Ubah Status Warna Kendaraan di STNK dan BPKB

“Kalau kualitas dan umur dari suku cadangnya, enggak beda jauh (dengan yang orisinal). Karena barang penggantinya pakai yang orisinal juga, supaya awet,” ucap Bagus.

Pemilik Vespa matik saat ini sudah tidak khawatir jika ada suku cadang yang harus diganti, tidak perlu menunggu lama dan mengeluarkan banyak biaya. Saat ini sudah banyak bengkel modifikasi Vespa yang bisa mengakali dengan menggunakan suku cadang dari motor lain.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X