Batas Nyaman Ubah Ukuran Ban Motor

Kompas.com - 27/02/2020, 18:01 WIB
Ban Motor Pirelli Diablo Rosso Sport Ban Motor Pirelli Diablo Rosso Sport

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban merupakan komponen utama dalam keselamatan ketika berkendara. Jika ingin melakukan modifikasi, mengganti ukuran ban bisa mengubah penampilan secara drastis.

Namun bagi yang tetap ingin menggunakan motornya untuk harian, berapa ukuran yang disarankan?

Ban motor yang digunakan untuk harian harus memikirkan sisi keamanan jika digunakan di jalan basah maupun kering. Ukurannya juga jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Jika terlalu besar, performa motor bisa menurun, sedangkan kalau terlalu kecil, grip yang dimiliki ban jadi berkurang, bisa berbahaya.

Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Department Head ban FDR, mengatakan, untuk modifikasi harian, disarankan untuk naik atau turun satu tingkat dari ban standar. Karena masih butuh faktor keamanan ketika dikendarai.

Baca juga: Adab Ketika Ingin Menyalip Truk atau Bus

Ban motor khusus balap MiniGP buatan lokal Ban motor khusus balap MiniGP buatan lokal

“Untuk modifikasi harian, harus melihat dari faktor kenyamanan dan ukuran standar dari peleknya. Bisa naik atau turun satu tingkat untuk lebar dan tinggi dari bannya. Misal, sebelumnya lebar 130 mm naik jadi 150 mm atau 140 mm,” ucap Jimmy kepada Kompas.com, Kamis (27/2/2020).

Jimmy juga menyebutkan kalau untuk modifikasi yang tidak harian, ukuran ban dibebaskan, tidak harus mengikuti aturan naik atau turun satu tingkat. Ketika modifikasi yang lebih ekstrim, biasanya tidak terlalu memikirkan faktor kenyamanan.

“Kalau modifikasi, tidak ada batasan untuk ukurannya, selama ukuran pelek disesuaikan dengan motor dan bannya. Kalau cari untuk harian, ikuti rekomendasi naik atau turun satu tingkat,” kata Jimmy.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X