Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Qatar 2020 Terancam Batal karena Virus Corona

Kompas.com - 27/02/2020, 16:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang seri perdana MotoGP musim 2020 yang berlangsung di Qatar pada 8 Maret mendatang, kehawatiran akan menularnya virus corona makin bertambah. Apalagi setelah virus asal China ini telah menjangkit Jepang dan Italia.

Masalahnya, sejumlah anggota tim dan pebalap asal Jepang dan Italia dikabarkan tak boleh menuju Qatar. Terlebih dengan melonjaknya penderita virus corona di Italia bagian utara.

Dilansir dari The Race, sejumlah anggota tim Suzuki dan Yamaha diminta untuk tetap berada di Qatar dan tak pulang ke rumah mereka di Jepang maupun Italia usai tes pra musim yang dilakukan akhir pekan lalu.

Baca juga: Adab Ketika Ingin Menyalip Truk atau Bus

Ilustrasi bandaraPolitikaner/Wikipedia Ilustrasi bandara

Namun dengan mayoritas pebalap kelas utama dan sebagian besar tim yang kembali ke negaranya masing-masing, ada potensi gangguan yang amat besar bagi penyelenggaraan balap MotoGP, jika Qatar membatasi mereka yang berasal dari negara terdampak virus corona.

Untuk diketahui, sebanyak 6 dari 11 tim MotoGP berbasis di Italia. Sementara 3 dari 6 pabrikan MotoGP juga berasal dari Jepang.

Ada juga 7 pebalap asal Jepang dan Italia yang bisa terkena dampak virus corona, termasuk nama-nama besar seperti Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso.

Baca juga: Biaya Ubah Status Warna Kendaraan di STNK dan BPKB

 

Daftar pebalap MotoGP 2020Twitter @MotoGP Daftar pebalap MotoGP 2020

Aturan larangan bepergian dari kedua negara tersebut akan memberikan efek signifikan pada GP Qatar.

Apalagi Qatar belum mencatat penyebaran virus corona di negaranya, dan terus meningkatkan tindakan pencegahan di Bandara Internasional Hamad.

Menteri Kesehatan Qatar Hanan Mohamed Al Kuwari, merekomendasikan penundaan perjalanan ke sejumlah negara, termasuk Jepang dan Italia.

Otoritas kesehatan di Qatar juga mengumumkan bahwa mereka telah mengkarantina kedatangan dari China, Korea Selatan, dan Iran, yang menjadi negara paling parah yang dilanda virus corona sejauh ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com