Jangan Sepelekan Knalpot Motor Bocor, Biasanya Berkarat karena Banjir

Kompas.com - 27/02/2020, 11:05 WIB
Honda Genio KOMPAS.com/GilangHonda Genio

JAKARTA, KOMPAS.com – Menggunakan motor ketika musim hujan, bisa menyebabkan berbagai komponen kendaraan menjadi berkarat jika tidak langsung dibersihkan.

Salah satu komponen yang rentan karat adalah knalpot. Efeknya jika knalpot berkarat, bisa menyebabkan kebocoran.

Hilman, kepala bengkel Yamaha Mekar Motor Bogor, mengatakan, selain dari karat, knalpot yang bocor bisa disebabkan oleh benturan.

Biasanya bagian knalpot yang bocor yaitu pada lehernya. Bisa dilihat juga, leher knalpot bagian yang paling dekat dengan tanah.

“Untuk knalpot bocor, biasanya ada ciri-cirinya seperti suaranya yang berbeda, lebih berisik, dan nembak-nembak,” kata Hilman kepada Kompas.com saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Baca juga: Acuan Modifikasi Suzuki XL7, Siap Terjang Banjir

knalpot berkaratKompas.com/Fathan knalpot berkarat

Hilman menambahkan, jika knalpot yang bocor tidak diganti, bisa merusak komponen lain seperti busi, klep, dan paking knalpot. Hal itu disebabkan oleh gas buang yang langsung keluar tanpa melewati penyaringan menyebabkan adanya kotoran.

“Selain bisa ada kotoran, air bisa masuk juga ke ruang mesin melewati lubang dari bocor di knalpot,” ucap Hilman.

Baca juga: Kalau Sampai Terjadi Ini, Waspada Transmisi Matik Mobil Rusak!

Knalpot yang bocor juga bisa berdampak pada kualitas berkendara. Seperti yang diucapkan Adih, kepala bengkel Yamaha Mekar Motor Bontaro, knalpot yang bocor menyebabkan tenaga motor jadi lebih berat dan pendinginan mesin yang kurang maksimal.

“Ketika knalpot bocor, biasanya sirkulasi pendinginannya kurang stabil, jadi power mesin lebih berat dan panas,” ujar Adih saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu yang lalu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X