Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Bergeming Soal Ekspor NMAX Baru ke Mancanegara

Kompas.com - 27/02/2020, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Generasi baru Yamaha NMAX telah resmi meluncur pada Desember 2019. Selain dijual di pasar domestik, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah menyatakan rencananya untuk mengekspor motor matik 155 cc ini ke mancanegara.

Antonius Widiantoro, Public Relation Manager PT YIMM, mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih fokus untuk memenuhi inden konsumen NMAX di seluruh Indonesia.

Delivery kalau untuk yang tipe standar sudah dari Januari, kemudian yang tipe Connected ABS sejak awal Februari sudah mulai kami distribusi secara bertahap,” ujar Anton kepada Kompas.com (26/2/2020).

Baca juga: Acuan Modifikasi Suzuki XL7, Siap Terjang Banjir

Yamaha NMAX 155 Connected/ABSKompas.com/Donny Yamaha NMAX 155 Connected/ABS

“Memang ada beberapa yang sudah dapat, ada beberapa yang masih harus tunggu. Jadi kalau ditanya masing-masing area berapa lama? Kami enggak bisa pastikan berapa lama, karena butuh waktu untuk distribusi, terutama untuk area luar Jawa,” katanya.

Sementara untuk pasar ekspor, Anton berujar sebagai produk yang dijual secara global, NMAX tentu juga disiapkan untuk dikirim ke mancanegara. Namun, soal rencana itu belum bisa diekspos lebih jauh.

“Suatu saat yang namanya global model pasti akan dieskpor. Apalagi tahun lalu ekspor kami juga meningkat, tunggu waktunya,” ucap Anton.

Baca juga: Uji Coba Kupas Aspal Formula E di Monas, Bisa Kembali Seperti Semula

Yamaha Nmax 2020 Yamaha Nmax 2020

“Tapi untuk sekarang, kami fokus untuk memenuhi domestik dulu. Sebab domestiknya saja keteteran, karena permintaan banyak sekali,” ujarnya.

Untuk diketahui, kinerja ekspor sepeda motor semua merek berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengalami peningkatan pada 2019.

Total ekspor mencapai 810.433 unit, atau tumbuh 29 persen dibanding tahun sebelumnya yakni sejumlah 627.421 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com