Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Justru Jangan Multitasking Ketika Mengemudi

Kompas.com - 22/02/2020, 07:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini rasanya sudah tidak asing lagi melihat wanita berseliweran menyetir mobil di jalan raya. Tuntutan gaya hidup dan sarana yang mendukung menjadikan dunia otomotif saat ini tidak hanya identik dengan kaum pria saja.

Namun, perilaku berkendara dan kebiasaan wanita nyatanya sering kali menjadikan mereka korban kejahatan pada saat mengemudi. Kejadian bisa terjadi terutama jika ketika wanita lagi berkendara sendiri, tanpa dukungan kaca film mobil yang mampu menyamarkan pandangan ke dalam mobil.

Baca juga: Cara Mengemudi Mobil Transmisi Matik di Jalan Menanjak

Mantan Pembalap yang pernah menjadi juara nasional, Rally Marina, turut memberikan tips kepada para wanita agar selalu aman dalam berkendara.

Menurut Rally, kebiasaan buruk wanita waktu mengemudi adalah kerap membawa barang yang terlalu banyak. Perilaku ini yang bisa memicu terjadinya niat kejahatan dari luar mobil terjadi.

“Wanita itu kalau nyetir bawaannya banyak, yang enggak penting dibawa juga, rumah kayak pindah ke dalam mobil. Yang bahaya, ketika semua barang itu berantakan, contohnya taruh barang di kursi kiri biar mudah, tas terbuka, kaca enggak begitu gelap,“ ujar Rally, kepada Kompas.com usai menjadi pembicara di acara Launching Kredit Milenial #JagaNama di Glass House, Cerita Rasa Restaurant, Kamis (20/02/2020)

Pengemudi wanita jangan pakai high heels saat mengemudicdnwallpaperhin.com Pengemudi wanita jangan pakai high heels saat mengemudi

Baca juga: Cek Volume Oli, Tak Perlu Pergi ke Bengkel

Kebiasaan buruk wanita lainnya ketika berkendara adalah menaruh sepatu di bawah jok mobil, “Tiba-tiba ngerem, sepatunya merosot ke bawah pedal. Mau ngerem atau ngegas jadi ketahan, hal seperti itu kan bahaya banget,” kata Rally.

Menurut Rally, kebanyakan wanita juga merasa dirinya bisa multitasking, “She can do anything in one second”. Misalnya, marah-marah sambil nangis, sambil makeup bisa semua dikerjakan bersamaan.

“Tapi, ketika berkendara di jalan semua hal luar biasa itu harus ditinggalkan, fokus menyetir,” ujarnya.

Rally juga mengingatkan kepada semua wanita untuk tidak panik ketika berkendara, “entah kenapa wanita itu selalu panik ketika berada di jalan, ada distraction dikit langsung men-trigger mereka melakukan kesalahan lain. Jadi tips yang paling penting ketika berkendara itu harus fokus agar tenang dan tidak panik,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com