Ingat Lagi Apa yang Harus Dilakukan Pengemudi Saat Hujan Deras

Kompas.com - 21/02/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi berkendara diguyur hujan. IstimewaIlustrasi berkendara diguyur hujan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Jabodetabek kembali diguyur hujan, Jumat (21/2/2020). Hujan ringan hingga sedang berpotensi turun hari ini.

Hujan deras tentu akan meningkatkan risiko bagi Anda yang mengemudikan mobil di jalan. Agar selamat sampai tujuan, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), mengatakan, hal pertama yang wajib dilakukan pengemudi saat terjadi hujan deras di jalan adalah dengan menjaga jarak dengan mobil di depan.

Baca juga: Ini Arti Emblem RS di Mobil Honda, Banyak yang Kecele

Ilustrasi jaga jarak aman 3 detikivanhumphrey.blogspot Ilustrasi jaga jarak aman 3 detik

“Dalam kondisi hujan jarak pengereman mobil akan semakin jauh. Saat jalan basah pengereman mobil bisa bertambah sampai 4 meter, dibanding jalanan kering,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menjaga jarak penting dilakukan, sebab dalam kondisi hujan deras, jarak pandang ke depan akan berkurang.

Kedua, yang patut diperhatikan pengemudi adalah risiko aquaplaning, terutama saat melewati jalanan yang tergenang air. Aquaplaning terjadi ketika telapak ban tidak menempel sempurna dengan permukaan jalan karena faktor kecepatan melintasi genangan

Baca juga: MPV Premium Lexus LM Sudah Laku Ratusan Unit di Indonesia

Ilustrasi aquaplaningwww.reifen.de Ilustrasi aquaplaning

“Saat melewati genangan air, usahakan setir dalam posisi lurus, dengan begitu jika terjadi aquaplaning, mobil akan bergerak lurus,” kata Marcell.

Sementara jika ban mobil membelok, saat melewati genangan air dan terjadi aquaplaning, mobil bisa kehilangan arah serta melaju tak terkendali.

Ketiga, jangan lakukan pengereman dengan keras. Saat kondisi hujan atau jalanan basah, usahakan mengerem dengan lembut, apalagi di jalan yang menikung.

Baca juga: Harga Honda Jazz Bekas Lebih Tinggi dari Toyota Yaris

Ilustrasi berkendara di musim hujan- Ilustrasi berkendara di musim hujan

Mengerem dengan keras saat mobil sedang bermanuver, apalagi ditambah dengan menurunkan gigi, akan membuat roda kehilangan daya cengkeramnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X