Pedagang Susah Jual Mobil Hybrid Bekas

Kompas.com - 20/02/2020, 16:02 WIB
Prius merupakan mobil hibrida terlaris di dunia. Agung KurniawanPrius merupakan mobil hibrida terlaris di dunia.

JAKARTA, KOMPAS.comMobil hybrid menawarkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik ketimbang mobil konvensional. Meski begitu, permintaan mobil hybrid khususnya di pasar mobil bekas ternyata belum begitu signifikan.

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, mengatakan, banyak pedagang mobil bekas yang kesulitan menjual mobil hybrid.

Menurutnya, mobil hybrid tidak begitu laku karena konsumen khawatir jika ada kerusakan dengan baterai. Apalagi harga penggantian baterai mobil hybrid juga cukup tinggi mencapai puluhan juta rupiah.

Baca juga: Reaksi Honda Setelah SUV Murah Suzuki XL7 Meluncur

Toyota Camry Hybrid di pasar mobil bekasOLX Toyota Camry Hybrid di pasar mobil bekas

“Mesti hati-hati tuh kalau beli hybrid, mesti dicek baterainya. Lihat dari track record-nya, bisa cek ke bengkel resmi untuk tahu riwayat servis,” katanya kepada Kompas.com (20/2/2020).

Herjanto menambahkan, untuk mobil hybrid yang telah berusia lebih dari lima tahun biasanya baterai sudah mengalami penurunan performa dan harus segera diganti.

“Kalau sudah lama enggak ganti baterai, sekali diganti bisa sampai Rp 80 juta. Konsumen Camry, Prius, dan Honda CRZ yang berusia 3 sampai 5 tahun harus siap-siap ganti baterai,” ujarnya.

Baca juga: New Alphard dan Vellfire 2020, Makin Canggih dan Aman

Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan

Sementara untuk mobil hybrid yang baru berusia 1 sampai 3 tahun, terbilang masih aman dan belum membutuhkan penggantian baterai.

“Secara teknis padahal mobilnya enak dipakai dan irit banget bensinnya. Apalagi harga jualnya tergolong jatuh, jadi lebih murah untuk saat ini daripada saat baru keluar pertama kali,” ucap Herjanto.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X