Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit dan Sintetis

Kompas.com - 19/02/2020, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil yang biasa digunakan sehari-hari, biasanya akan membuat tampilan luarnya kotor. Ketika menggunakan mobil, jangan hanya merawat bagian luarnya saja, tapi juga wajib menjaga kebersihan interior, salah satunya jok.

Menjaga kondisi jok dengan balutan kulit dan sitetis (semi kulit), secara garis besar bisa dibagi menjadi dua, yaitu perawatan dan pembersihan.

Perawatan bersifat rutin, 2 - 4 hari sekali, sedangkan pembersihan dilakukan sebulan sekali. Perawatan bisa menggunakan sabun bayi dan pembersihan menggunakan cairan pembersih pada umumnya.

Edy, pemilik bengkel spesialis interior, Vertue Concept di Sunter, mengatakan, perawatan interior dengan bahan kulit bisa menggunakan sabun bayi, sedangkan pembersihan sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering.

Baca juga: Selain Harga Resmi, Ini Biaya Tambahan Bikin dan Perpanjang SIM

Jok berdesain Pinto Acehist Jok berdesain Pinto Aceh

“Menggunakan sabun bayi, karena bahan kulit sensitif, penggunaan sabun bayi memiliki kadar pH yang netral,” kata Edy kepada Kompas.com, Selasa (18/2/2020).

Cara perwatannya yaitu, sabun bayi yang batangan, diiris lalu diblender dan ditambah air. Lalu disemprotkan ke kulit yang kotor sambil dilap. Sedangkan untuk pembersihan jangan dilakukan terlalu sering karena bisa membuat kulit menjadi mengkilap.

“Sabun bayi membuat bahan kulit lebih halus dan kuat, tapi hanya untuk perawatan. Untuk pembersihan dengan cairan khusus pembersih,” ucap Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com