Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siapkan SUV Baru Berbasis Yaris di Geneva Motor Show

Kompas.com - 19/02/2020, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comToyota tengah mengembangkan mobil baru yang akan mengisi segmen SUV kecil. Model ini menggunakan basis yang serupa dengan Yaris model baru, dan posisinya nanti akan berada di bawah C-HR.

Dilansir dari Auto Express, Toyota mengkonfirmasi bahwa SUV baru ini akan melakukan world premiere di ajang Geneva Motor Show 2020, Maret mendatang.

Mobil ini akan masuk dalam SUV B-Segmen yang tengah ramai di Eropa, dan bakal jadi pesaing terdekat Nissan Juke maupun Renaul Captur.

Baca juga: Selain Harga Resmi, Ini Biaya Tambahan Bikin dan Perpanjang SIM

 

Sketsa dari Toyota Yaris versi Crossover yang rencananya diperkenalkan akhir 2020Motor1 Sketsa dari Toyota Yaris versi Crossover yang rencananya diperkenalkan akhir 2020

Walaupun menggunakan platform TNGA-B yang sama dengan Yaris, SUV baru ini akan lebih panjang, lebih tinggi, dan lebih lebar. Serta memiliki wheelbase yang lebih panjang dari Yaris.

SUV berbasis Yaris ini memang belum disebutkan namanya oleh Toyota. Namun, sedikit teaser sudah ditunjukkan, lewat lampu belakang dengan LED berbentuk horizontal yang menyala.

Toyota juga menampilkan emblem ‘Hybrid’, yang menandakan bahwa SUV akan mengusung mesin dua teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Begini Impresi Awal Menjajal SUV Murah Suzuki XL7

Calon SUV Baru Berbasis Toyota Yarisautoexpress.co.uk Calon SUV Baru Berbasis Toyota Yaris
 

Serta emblem ‘AWD-i’ yang menjadi tanda bahwa mobil ini akan menggunakan teknologi baru, yaitu sebuah penggerak all-wheel drive cerdas.

Executive Vice President Toyota Eropa Matt Harrison, mengatakan, Toyota tengah memperluas produk SUV khususnya di segmen bawah. Alasan ini yang mendasari kemunculan SUV yang mengambil basis dari Yaris.

“C-HR bermain di segmen yang lebih tinggi, atau semacam SUV C-Segmen crossover. C-HR tidak benar-benar bersaing dengan produk yang menawarkan kepraktisan lebih,” kata Harrison.

Dalam pameran tersebut, kabarnya Toyota juga akan meluncurkan Mirai generasi kedua, RAV-4 Plug-in Hybrid, GR Yaris, sampai Supra 2.0 liter berkonfigurasi 4-silinder.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com