Sarung Tangan Mahal, Belum Tentu Nyaman

Kompas.com - 17/02/2020, 09:42 WIB
Sarung tangan motor maximomoto.comSarung tangan motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai motor dengan aman, bisa dimulai dengan menggunakan atribut keselamatan. Salah satu atribut keselamatan yang wajib buat biker, yaitu sarung tangan.

Selain melindungi dari panas matahari, sarung tangan juga harus mampu melindungi jari-jari ketika terjadi kecelakaan.

Lalu bagaimana cara memilih sarung tangan yang tepat untuk berkendara sehari-hari?

Agus Sani, kepala instruktur safety riding Wahana Makmur Sejati (WMS), mengatakan, memilih sarung tangan yang nyaman dan tidak kaku.

Sarung tangan yang pas untuk dipakai harian yaitu yang nyaman dan tidak kaku. Karakter ini supaya memudahkan handling, seperti memutar gas dan menarik tuas rem," Agus kepada Kompas.com, Minggu (16/2/2020).

Baca juga: Lebih Aman, Alasan Wanita Banyak Pilih SUV

Ragam sarung tangan dari Respiro Jakarta.Ghulam/Otomania Ragam sarung tangan dari Respiro Jakarta.

Menggunakan sarung tangan untuk berkendara harian, juga harus disesuaikan kebutuhan. Jangan karena dorongan iklan atau idola, memaksakan menggunakan sarung tangan mahal yang digunakan pebalap di lintasan sirkuit.

Harganya juga mahal, di atas rata-rata sarung tangan untuk harian.

"Bahannya bisa dari apa saja, asal ada pelindung pada bagian jari-jari dan telapak tangan,” kata Agus.

Sarung tangan balap, diciptakan sedemikian rupa, sehingga terasa kaku, sehingga kurang nyaman untuk harian. Jangan juga menggunakan sarung tangan untuk motorcross yang terlalu tipis karena tidak dapat melindungi tangan dengan maksimal ketika terjatuh.

Sarung tangan yang digunakan, sebaiknya jangan yang halfcut atau tidak menutupi jemari.

“Gunakan sarung tangan yang menutupi jari tangan agar bisa melindungi dengan maksimal. Bahannya bebas dan jangan terlalu tipis,” kata Agus.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X