Mau Upgrade Setir Mobil, Siapkan Dana Mulai dari Rp 4,5 Juta

Kompas.com - 12/02/2020, 09:02 WIB
Contoh setir mobil yang bisa di upgrade KOMPAS.com/Aprida Mega NandaContoh setir mobil yang bisa di upgrade

JAKARTA, KOMPAS.com - Setir merupakan salah satu komponen penting dalam mobil. Bukan hanya sekadar untuk mengubah arah roda, tetapi setir juga berfungsi sebagai pusat kendali beberapa fitur pada mobil, seperti tombol audio sampai cruise control.

Biasanya mobil keluaran terbaru sudah memiliki kelengkapan tersebut, namun bukan berarti mobil produksi lama tidak bisa disematkan fitur tersebut. Pasalnya saat ini sudah banyak toko yang menyediakan untuk upgrade setir model terbaru sesuai dengan merek, model, maupun tipe mobil.

Baca juga: Ganti Kopling Set Mobil Manual, Jangan Tunggu Sampai Selip

Salah satunya di Mall MGK Kemayoran, Bobby Spec Rare, toko aksesoris mobil yang tergolong spesialis menyediakan layanan upgrade setir mobil. Rata-rata produk yang ditawarkan adalah setir copotan dengan fitur steering switch yang bisa dipasang ke mobil dengan lingkar kemudi masih polos, tanpa tombol apapun selain klakson.

Muhammad Bobby, pemilik Bobby Spec Rare Item, mengatakan, kebanyakan pelanggan yang datang memang ingin updgrade setir dengan kelengkapan tombol pengatur audio, mengubah bahan setir dari karet menjadi kulit, atau karena desain yang lebih modern.

Macam-macam setir mobilKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Macam-macam setir mobil

“Merek dan model yang disediakan beragam, ada Toyota, Honda, Suzuki, Mercy, BMW. Tapi kita memang lebih fokus ke mobil Jepang, karena lebih banyak peminatnya juga, yang paling sering itu Innova, Avanza, HR-V. Kalau mobil Eropa itu jarang sekali” ujar Bobby kepada Kompas.com di Jakarta (11/02/2020)

Baca juga: Ini Kabar Terbaru Daihatsu Rocky

Untuk kisaran harga upgrade setir, kata Boby, ditawarkan mulai  Rp 4,5 juta sampai Rp 25 juta.

“Biasanya mobil jepang seperti Avanza, Innova, itu kisaran harganya masih sekitar 4 jutaan. Tetapi kalau mobil Eropa seperti Mercy harganya sekitar 20 juta tergantung tingkat kesulitannya,” ujar Bobby.

Soal lama pengerjaannya Bobby menjelaskan kurang lebih hanya butuh satu jam, “Standar waktu pengerjaannya hanya satu sampai dua jam. Tegantung tingkat kesulitan mobilnya, semakin tua tahun mobilnya akan semakin lama pengerjannya,” ujarnya

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X