Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dovizioso Kesulitan Jinakkan Ban Baru Michelin

Kompas.com - 10/02/2020, 18:32 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEPANG, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso hanya berhasil menduduki posisi ke 15 selama tes pramusim MotoGP 2020 di Sepang, Malaysia. Pebalap Ducati itu hanya mencatat waktu terbaik dengan torehan 1 menit 58,859 detik.

Dovi mengatakan catatan waktu di tes pramusim bukan hal utama yang membuatnya khawatir. Runner up musim lalu itu mengatakan belum menyatu dengan Desmosedici GP20 karena ada perbedaan karakter ban.

Baca juga: Dovizioso Penasaran Ingin Kalahkan Marquez

"Tidak mudah sebab ban baru ini memiliki lebih bnayak grip, yang mana secara general bagus, tapi itu juga mengubah gaya balap, dan hal itu juga membuat saya sulit untuk mengatur managemen ban," kata Dovi mengutip GPOne, Senin (10/2/2020).

Dovi mengatakan ban baru Michelin sangat berbeda dengan musim lalu. Untuk mengetahuinya, dia tidak bisa hanya mencoba satu sirkuit saja (Sepang), tapi butuh sirkuit lain untuk mengetahui batasannya.

"Saya harus beradaptasi dengan perubahan, tapi di kasus ini hal itu tidak mudah, sebab saat belok di kemiringan maksimal ban tidak ngegrip. Saat masuk belokan ban belakang mendorong ban depan dengan cara yang berbeda dibandingkan tahun lalu," katanya.

Baca juga: Lorenzo Belum Dipercaya Kebut Yamaha M1 2020

Anehnya meski dia kesulitan, Dovi mengatakan ban baru Michelin justru sempurna buat Yamaha dan Suzuki. Terbukti para pebalap Yamaha dan Suzuki bisa melesat dengan baik selama tes pramusim.

"Yamaha dan Suzuki berhasil meningkatkan top speed mereka karena ban membantu motor lebih kencang saat berada di tengah tikungan. Tapi saya tidak mengerti sebab saya belum dapat memahaminya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com