Kompas.com - 10/02/2020, 18:32 WIB

SEPANG, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso hanya berhasil menduduki posisi ke 15 selama tes pramusim MotoGP 2020 di Sepang, Malaysia. Pebalap Ducati itu hanya mencatat waktu terbaik dengan torehan 1 menit 58,859 detik.

Dovi mengatakan catatan waktu di tes pramusim bukan hal utama yang membuatnya khawatir. Runner up musim lalu itu mengatakan belum menyatu dengan Desmosedici GP20 karena ada perbedaan karakter ban.

Baca juga: Dovizioso Penasaran Ingin Kalahkan Marquez

"Tidak mudah sebab ban baru ini memiliki lebih bnayak grip, yang mana secara general bagus, tapi itu juga mengubah gaya balap, dan hal itu juga membuat saya sulit untuk mengatur managemen ban," kata Dovi mengutip GPOne, Senin (10/2/2020).

Dovi mengatakan ban baru Michelin sangat berbeda dengan musim lalu. Untuk mengetahuinya, dia tidak bisa hanya mencoba satu sirkuit saja (Sepang), tapi butuh sirkuit lain untuk mengetahui batasannya.

"Saya harus beradaptasi dengan perubahan, tapi di kasus ini hal itu tidak mudah, sebab saat belok di kemiringan maksimal ban tidak ngegrip. Saat masuk belokan ban belakang mendorong ban depan dengan cara yang berbeda dibandingkan tahun lalu," katanya.

Baca juga: Lorenzo Belum Dipercaya Kebut Yamaha M1 2020

Anehnya meski dia kesulitan, Dovi mengatakan ban baru Michelin justru sempurna buat Yamaha dan Suzuki. Terbukti para pebalap Yamaha dan Suzuki bisa melesat dengan baik selama tes pramusim.

"Yamaha dan Suzuki berhasil meningkatkan top speed mereka karena ban membantu motor lebih kencang saat berada di tengah tikungan. Tapi saya tidak mengerti sebab saya belum dapat memahaminya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.