Kompas.com - 10/02/2020, 15:12 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan meluncurkan XL7 pada 15 Februari 2020. Mobil ini akan hadir meramaikan pasar low sport utility vehicle (LSUV) alias SUV murah di Indonesia.

Menariknya, XL7 dikembangkan oleh Suzuki di Indonesia. Artinya mobil ini juga akan manmbah jumlah unti Suzuki yang diproduksi dalam negeri, setelah sebelumnya diisi oleh Ertiga, Carry, Wagon R, dan APV.

Secara penjualan, Suzuki rupanya tak akan hanya membidik segmen domestik saja, melainkan juga pasar mancanegara. 4W Marketing Director PT SIS Donny Sapurta, sudah menjelaskan bila XL7 diproduksi untuk kebutuhan ekspor.

Baca juga: Mana Lebih Murah, Suzuki XL7, Honda BR-V, atau Rush-Terios?

Tampak bagian belakang Suzuki Ertiga XL7Istimewa Tampak bagian belakang Suzuki Ertiga XL7

"Kami juga akan minta (prinsipal) agar itu (XL7) bisa diekpor. Kalau bicara soal rencana ekpor, otomatis mobilnya itu kita produksi dalam negeri," ujar Donny beberapa waktu lalu di Jakarta.

Namun demikian, Donny belum membuka informasi mengenai negara tujuan ekpor untuk XL7. Tapi dari perencanaan di 2020, Suzuki sudah menetapkan target soal penjualannya, termasuk untuk capaian ekpor.

Pada 2020 ini, menurut Donny target ekspor yang akan dikejar Suzuki adalah mencapai 69.000 unit, baik dalam bentuk CBU atau pun CKD.

Bocoran Suzuki Ertiga XL7Istimewa Bocoran Suzuki Ertiga XL7

 

Penambahan jumlah ekspor tersebut diakui tak lepas karena adanya dua hal, yakni tambahan negara dan adanya produk baru.

Baca juga: Meluncur 15 Februari 2020, Ini Skema Kredit Suzuki XL7

"Kalau target ekspor naik ini pastinya tidak lepas dari dua strategi, pertama ada tambahan negara dan kedua produk baru. Itu dua kuncinya," kata Donny.

Seperti diketahui, Suzuki XL7 akan hadir di Indonesia dengan tiga varian, yakni Zeta, Beta, dan Alpha. Basisnya akan menggunakan platform yang sama dengan Ertiga, namun secara mobil ini akan menjadi rival bagi Toyota Rush, Daihatsu Terios, serta Honda BR-V.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.