Motor Matik Bunyi Tikus Berdecit, Periksa Komponen Ini

Kompas.com - 10/02/2020, 11:08 WIB
V-Belt motor matik Foto: Honda DAMV-Belt motor matik
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Keunggulan skuter otomatik ( skutik) ialah praktis, tinggal gas motor langsung jalan. Tapi salah satu penyakit motor matik yaitu bunyi berdecit saat melakukan akselerasi.

Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Honda Cibinong dan Megamendung, Bogor, Jawa Barat, mengatakan, bunyi mendecit seperti tikus biasanya dari area Continuous Variable Transmission ( CVT).

Baca juga: Fungsi Tonjolan Hitam di Bagian Belakang CVT Skutik Honda

"Tidak jauh biasanya seputaran CVT. Bunyi itu terjadi bisa karena area itu kotor atau ada komponen di CVT yang harus diganti," kata Herman kepada Kompas.com, Senin (10/2/2020).

V-Belt motor matikFoto: Honda Cengkareng V-Belt motor matik

Herman mengatakan jika bunyi berdecit mudahnya motor tinggal ke bengkel dan masalah selesai. Tapi kalau mau bongkar sendiri ada tiga komponen yang wajib diperiksa, yaitu v-belt, roller dan rumah kampas ganda.

"Pertama cek apakah komponen vanbelt + roller kotor atau mengalami keausan. Lalu cek bagian kanvas ganda dan rumah kanvas ganda kotor atau mengalami keausan. Itu yang harus dicek jika terjadi gejala berdecit," katanya.

Baca juga: Servis Motor Matik yang Terendam Banjir Harus Bongkar CVT

Untuk bagian CVT pemeriksaan dan pembersihan dilakukan setiap 8.000 km atau empat bulan tergantung mana yang lebih dulu dicapai. Adapun penggantian V Belt + roller yaitu setiap 24.000km atau 2 tahun tergantung mana yang lebih dulu.

"Fungsi pemeriksaan/pembersihan CVT setiap 8.000km/4 bulan sebagai pengecekan jikalau ada komponen mengalami keausan sebelum waktunya yang diakibatkan oleh pemakaian," kata Herman. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X