Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elektrifikasi Motor Custom Belum Ciptakan Tren

Kompas.com - 10/02/2020, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana untuk melegalkan modifikasi motor bermesin konvensional yang diganti dengan motor listrik untuk dipakai di jalan raya. Upaya ini bisa saja meningkatkan tren motor listrik di kalangan masyarakat.

Tak menutup kemungkinan juga akan ada banyak motor-motor custom yang menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya. Namun, untuk membuat motor listrik sekarang ini masih terbilang cukup mahal.

Baca juga: Builder Motor Custom Tanggapi Wacana Elektrifikasi Motor Tua

Andi Akbar, builder dari Katros Garage, mengatakan, motor custom listrik belum akan menjadi tren. Sebab, untuk perangkat kelistrikan yang hanya terdiri dari dinamo motor listrik dan baterai saja, harganya bisa tembus hingga Rp 15 jutaan sampai Rp 30 jutaan.

Motor listrik custom bisa jadi tantangan untuk para builderbikeexif.com Motor listrik custom bisa jadi tantangan untuk para builder

"Kalau motor custom pakai tenaga listrik, akan ada mulai bermunculan. Tapi, belum akan menjadi tren. Sebab, menurut saya, sesuatu hal itu bisa menjadi tren itu kalau semua segmen bisa masuk," ujar pria yang akrab disapa Atenk tersebut, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Aliran Motor Custom yang Ideal untuk Jokowi Blusukan

Atenk mencontohkan, motor custom bergaya streetcub. Dulu sempat jadi tren karena semua segmen masyarakat bisa masuk. Maksudnya, setiap kalangan bisa membuat motor custom streetcub dari yang modal Rp 3 juta sampai Rp 20 juta. Menurut Atenk, jika seperti itu baru bisa jadi tren.

"Masalahnya, angka Rp 15 jutaan hingga Rp 30 jutaan tadi itu belum menyentuh semua segmen. Kalau sudah murah sih, saya yakin bisa menjadi tren," kata Atenk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com