Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Terpergok Uji Alat Akali Start di Sepang

Kompas.com - 09/02/2020, 16:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SEPANG, KOMPAS.com - Tes pramusim MotoGP 2020 dimanfaatkan untuk menguji beberapa fitur terbaru. Salah satunya adalah Yamaha, yang tertangkap sedang menguji perangkat Holeshot Device.

Dalam video singkat yang diunggah dalam laman Instagram, terlihat pebalap tes Kohta Nozane menggunakan Holeshot saat hendak melakukan start di Sitkuit Sepang, Malaysia dari keadaan diam.

Baca juga: Lorenzo Bicara Motor Ducati, Honda, dan Yamaha, Mana yang Paling Enak?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Holeshot Device Yamaha ???? Yamaha tertangkap kamera sedang menguji Holeshot Device bersama pembalap Kohta Nozane. Holeshot Device adalah sebuah perangkat yang bisa membantu agar bisa meraih start bagus. ? Holeshot Device yang digunakan Yamaha mirip dengan yang dimiliki Ducati sebagai pelopor Holeshot Device, yakni dengan menekan kompresi suspensi belakang hingga ke titik maksimal. Itu membuat bagian belakang motor menjadi rendah dan mengunci sehingga mengurangi dampak wheelie yang jadi salah satu faktor start buruk. ? Untuk pengoprasiannya, @tmcblog berhasil mengambil foto pada sesi #SepangTest. Berbeda dengan Ducati yang meletakan 'switch'nya pada bagian segitiga atas pada bagian kemudi, Yamaha meletakannya di samping kiri depan tanki motor. ? ? Foto: - TMC Blog Video: - MuchapichaGP ? VISIT qq39bet.us #motogpindonesia #mgpi #motogp #qq39 #yamaha #holeshotdevice

A post shared by MGPI (@motogpindonesia) on Feb 8, 2020 at 6:59pm PST

 

Holeshot adalah sebuah perangkat yang membantu meraih start baik. Perangkat ini sebetulnya bukan teknologi yang benar-benar baru di sepeda motor, tapi pertama kali dipakai di MotoGP oleh Ducati.

Cara kerja holeshot milik Yamaha ini yaitu dengan menekan suspensi belakang hingga titik maksimal. Kompresi tersebut membuat bagian belakang motor jadi lebih rendah, dan kemudian mengunci.

Baca juga: Kejutan, Quartararo Tercepat di Tes Sepang Hari Kedua

Letak piranti holdeshot switch di Yamaha M1Foto: TMC Blog Letak piranti holdeshot switch di Yamaha M1

Dengan posisi tersebut gravitasi jadi lebih rendah, sehingga saat start diharapkan dapat mengurangi gejala ban depan terangkat, yang mana merupakan salah satu yang membuat start jadi buruk.

Untuk pengopperasiannya Yamaha meletakkan tomboh Holeshot di bagian kiri depan tangki motor. Berbeda dengan punya Ducati yang terletak di bagian segitiga atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com